Breaking News:

Berita Nunukan Terkini

Kepala PKM Nunukan Ajak Masyarakat untuk Cek Kesehatan Tanpa Menunggu Sakit

Puskesmas (PKM) Nunukan menggelar program Sehat Untuk Semua dengan memberikan layanan kesehatan secara gratis, di Alun-alun Nunukan

Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/FEBRIANUS FELIS
PKM Nunukan lakukan Program Sehat Untuk Semua berupa layanan kesehatan secara gratis di Alun-alun Nunukan, Sabtu (18/12/2021), pagi.TRIBUNKALTIM.CO/FEBRIANUS FELIS 

TRIBUNKALTIM.CO,NUNUKAN- Puskesmas (PKM) Nunukan menggelar program Sehat Untuk Semua dengan memberikan layanan kesehatan secara gratis, di Alun-alun Nunukan, Sabtu (18/12/2021).

Kepala UPT PKM Nunukan, dr Ika Bihandayani, mengatakan sasaran program Sehat Untuk Semua yang dilakukan hari ini untuk semua kelompok umur, bayi, Balita, remaja, usia produktif, dewasa hingga Lansia.

"Di Puskesmas Nunukan ada 20 lebih program kita dan ini bukan hal baru. Selama ini sudah berjalan, namun ruang lingkupnya masih kecil. Hari ini kita ingin memperkenalkan lebih luas lagi kepada masyarakat," kata dr Ika Bihandayani kepada TribunKaltim.Co, pukul 13.00 Wita.

Lebih lanjut Ika sampaikan, PKM sebagai Faskes yang mudah diakses oleh masyarakat, tidak hanya menunggu orang sakit.

Dia menyebut di PKM Nunukan ada program pencegahan atau deteksi dini terhadap Penyakit Tidak Menular (PTM).

Baca juga: Waspadai Varian Omicron, Kaltara Kirim 2 Sampel dari PMI di Nunukan ke Balitbangkes Kemenkes

Baca juga: Atlet Panjat Tebing Nasional Asal Nunukan Keluhkan Arena Latihan Tak Sesuai Standar

Baca juga: Wabup Nunukan Akui Banyak Pembudidaya Perikanan Tak Punya Sertifikasi Lahan Usaha, Karena Hal Ini

"Perlu kita tahu bersama bahwa 60 persen sumbangsih kematian itu berasal dari PTM atau biasa disebut silent killer. Orang terlihat sehat, ternyata punya penyakit. Sehingga jangan tunggu sakit baru ke Puskemas. Lakukan deteksi dini biar bisa bisa dicegah," ucapnya.

Ika menyebut PTM seperti hipertensi, diabetes, asma, jantung, harus dilakukan pemeriksaan secara berkala.

"Untuk yang belum terdeteksi sama sekali, lakukan pemeriksaan dua kali dalam setahun atau per tiga bulan. Sementara buat mereka yang sudah terdeteksi lakukan pemeriksaan sebulan sekali," tuturnya.

Adapun layanan kesehatan gratis yang diberikan oleh PKM Nunukan mulai pagi tadi yakni PKPR (Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja), PTM (Penyakit Tidak Menular), Pelayanan Lansia, Program Pendampingan kepada Orang Dalam Gangguan Jiwa, dan KIA dan KB.

"Program kesehatan kita rangkum dan muaranya satu yakni untuk meningkatkan derajat kesehatan. Kami berharap keberhasilan tidak dari unsur kesehatan saja, tapi juga peran aktif masyarakat untuk mendukung program kesehatan," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved