Breaking News:

Natal dan Tahun Baru

Jelang Natal, SAR Tarakan Siapkan 2 Unit Patroli Kapal di Wilayah Perbatasan dan Jalan Tikus

Menyambut siaga Natal dan Tahun Baru 2022 mendatang, Kantor SAR Kota Tarakan menyiagakan penuh seluruh kekuatan personel yang dimiliki.

Editor: Rahmad Taufiq
HO/SAR TARAKAN
Kantor SAR Tarakan menyiagakan puluhan personel untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru. HO/SAR TARAKAN 

TRIBUNKALTIM.CO, TARAKAN – Menyambut siaga Natal dan Tahun Baru 2022 mendatang, Kantor SAR Kota Tarakan menyiagakan penuh seluruh kekuatan personel yang dimiliki.

Kepala Kansar Kota Tarakan, Amiruddin membeberkan, mulai dari personel, alutsista, alat utama semua ikut disiagakan.

Adapun total personel yang disiagakan jelang Nataru berjumlah 24 personel dan bertugas menangani beberapa daerah yang sifatnya bisa menjadi konsentrasi berkumpulnya masyarakat.

“Baik di pelabuhan, yakni Pelabuhan Malundung dan Pelabuhan Tengkayu dan Pelabuhan Feri. Lalu di bandara dan tempat wisata di kawasan Pantai Amal. Semuanya tidak luput dari pengawasan dan pemantauan kami,” beber Amiruddin dalam rilisnya, Senin (20/12/2021).

Lebih jauh Amiruddin mengatakan, alutsista yang disiagakan dua alut laut, yakni terdiri dari KN SAR SETA dengan kemampuan jelajah yang cukup jauh dan kecepatan tinggi.

Baca juga: Pencarian Korban yang Terjun Bareng Motornya ke Sungai Mahakam, Basarnas Sisir Sejauh 2 KM ke Hulu

Baca juga: Antisipasi Kejadian Anak Tenggelam, Basarnas Balikpapan Siagakan Personel di Titik Rawan

“Bisa menjangkau dari Tarakan sampai ke perairan Kaltara, baik ke arah Tanah Kuning, dan arah utara Sebatik dan Nunukan,” jelasnya.

Ia menambahkan, satu unit Rigit Inflatable Boat (RIB) melakukan pemantauan di area sungai yang menghubungkan Kota Tarakan dan beberapa kabupaten lainnya di Kaltara.

Selanjutnya di kabupaten, enam personel siaga di Nunukan, mengantisipasi kecelakaan penerbangan dan pelayaran dan tugasnya sama akan memantau pelabuhan dan bandara.

“Ada dua unit RIB di sana menjangkau wilayah perbatasan dan antisipasi jalan tikus yang dilalui imigran atau TKI dari Malaysia. Jadi kami siaga full selama Nataru,” jelasnya.

Sesuai arahan pimpinan Basarnas di pusat, kata Amiruddin, semua UPT di masing-masing kabupaten dan kota termasuk Kota Tarakan, pelaksanaan siaga Nataru sudah dimulai 17 Desember 2021 lalu sampai tanggal 4 Januari 2022 mendatang.

“Kami siaga 24 hari. Saya sampaikan kepada pengguna jasa di laut dan di udara agar tetap senantiasa mematuhi masalah aturan keselamatan. Begitu juga pemilik speedboat dan agen yang membuka layanan secara umum agar memperhatikan alat keselamatan yang dipakai penumpang,” ucapnya tegas.

Baca juga: Tak Punya Baju Pelampung, Dua Benda Ini Bisa Digunakan untuk Alat Keselamatan di Air

Ia mengimbau masyarakat Tarakan dan Kaltara, jangan terlalu larut dalam euforia perayaan Natal dan Tahun Baru mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Tidak mesti melakukan perjalanan. Lebih aman jika berkumpul bersama keluarga di rumah dibanding keluar rumah. Pandemi belum berakhir, dan ada jenis baru Omicron. Saya sangat imbau masyarakat mari taati prokes,” ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved