Breaking News:

Otomotif

Berkendara saat Hujan Deras disertai Angin Kencang, Waspadai Hal-hal Berikut Ini

Para pengendara motor diimbau untuk tidak menerobos hujan deras disertai angin kencang. Pasalnya, tindakan itu merupakan suatu hal yang tidak aman di

Editor: Diah Anggraeni
wartakota/Istimewa
Jika terpaksa harus berkendara saat hujan deras disertai angin kencang, ada beberapa hal yang harus diwaspadai oleh bikers. 

TRIBUNKALTIM.CO - Para pengendara motor diimbau untuk tidak menerobos hujan deras disertai angin kencang.

Pasalnya, tindakan itu merupakan suatu hal yang tidak aman dilakukan oleh pengendara motor.

Selain berkurangnya jarak pandang, kondisi hujan deras ditambah angin kencang ini membuat bikers kehilangan keseimbangan sehingga mudah jatuh.

Jika sobat terpaksa harus berkendara, sebaiknya apa yang harus dilakukan bikers dalam kondisi tersebut?

Baca juga: Penting Diketahui Pengendara Motor, Inilah Tiga Tipe Jas Hujan yang Dijual di Pasaran

Praktisi Safety Riding and Safety Driving Indonesia, Andry Berlianto mengatakan, boleh saja berkendara saat hujan deras disertai angin kencang.

Namun ada beberapa hal yang harus diwaspadai oleh bikers saat cuaca buruk tersebut.

"Boleh-boleh saja asal berani dengan risiko yang diambil seperti kedinginan, keseimbangan dan pandangan terganggu, ditambah risiko diterjang objek yang terkena hempasan angin," ujar Andry kepada GridOto.com, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Lagi Musim Hujan, Ini Cara Mengatasi Motor Mogok saat Menerjang Banjir

Andry melanjutkan, jika terpaksa berkendara kenakan perlengkapan saat hujan seperti jas hujan, serta kurangi kecepatan dari batas kondisi normal.

"Safety gear lengkap plus jas hujan atas-bawah bukan ponco. Lalu berkendara dengan kecepatan rendah dan jaga jarak aman lebih jauh dari jarak aman kondisi biasanya," ungkap Andry.

"Misal jarak aman saat hujan adalah hingga 6 sampai 8 detik untuk membuat ruang antisipasi gerak kendaraan seperti pengereman dan manuver," sambungnya.

Baca juga: Rawan Rusak, Perhatikan Part Penting di Roda Motor Ini saat Musim Penghujan

Selain itu, ia menyarankan pilih rute yang minim risiko seperti banjir, spanduk atau pepohonan yang rawan jatuh.

Kemudian komunikasikan perjalanan dengan keluarga atau yang berada ada di lokasi tujuan dan tetap prioritaskan keselamatan.

Nah, sobat GridOto mulai sekarang sebaiknya selalu menjaga kewaspadaan saat berkendara memasuki musim penghujan seperti sekarang ini.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Street Manners - Terpaksa Riding Saat Hujan Deras dan Angin Kencang, Perhatikan Hal Ini Supaya Aman, https://www.gridoto.com/read/223056465/street-manners-terpaksa-riding-saat-hujan-deras-dan-angin-kencang-perhatikan-hal-ini-supaya-aman?page=all.

Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved