Breaking News:

Dukung Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan, Pupuk Kaltim Salurkan Bantuan Mobil Siaga ke Polda

PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) menyalurkan bantuan dua unit mobil pemburu api ke Polda Kaltim, guna mendukung tugas aparat kepolisian

Editor: Diah Anggraeni
HO/Pupuk Kaltim
Guna mendukung tugas aparat kepolisian dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, Pupuk Kaltim menyalurkan bantuan dua unit mobil pemburu api ke Polda Kaltim. Bantuan diserahkan secara simbolis oleh SVP Umum PKT Ardi Harto Mulyo di Balikpapan, Kamis (16/12/2021) lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) menyalurkan bantuan dua unit mobil pemburu api ke Polda Kaltim, guna mendukung tugas aparat kepolisian dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh SVP Umum PKT Ardi Harto Mulyo di Balikpapan, Kamis (16/12/2021) lalu.

Diungkapkan Ardi, bantuan ini merupakan wujud komitmen PKT terhadap penanganan karhutla yang kerap terjadi di Kaltim, sekaligus bagian dari sinergi dan kerja sama PKT dengan kepolisian yang selama ini terjalin pada berbagai bidang.

Baca juga: Dukung Penguatan Pendidikan Vokasi, Pupuk Kaltim Raih DUDI Awards 2021 dari Kemendikbudristek

Kendaraan ini sangat efektif dalam menjangkau medan atau lokasi kebakaran hutan yang terbilang sulit, sehingga petugas mampu mengoptimalkan langkah pencegahan meluasnya kebakaran secara cepat.

"Hal ini juga sebagai bentuk dukungan PKT dalam menjaga ekosistem hutan agar tidak semakin tergerus akibat kebakaran yang disengaja maupun tidak," ujar Ardi.

Dikatakannya, karhutla telah menjadi isu nasional dan permasalahan rutin yang terjadi hampir setiap tahun di Indonesia, termasuk di Kaltim.

Kondisi ini menuntut perhatian berbagai pihak, tak terkecuali PKT dengan ikut berkontribusi dalam penanganan dan pengendalian potensi Karhutla sebagai tanggung jawab bersama dengan pemerintah dan pihak terkait lainnya.

"Adanya bantuan mobil ini, kinerja petugas dalam menjangkau lokasi untuk pemadaman titik api dapat berjalan lebih optimal, sehingga potensi perluasan kebakaran hutan yang bisa saja terjadi mampu diantisipasi dengan baik," lanjut Ardi.

Baca juga: Pupuk Kaltim Raih The Best CFO Award 2021, Kinerja Keuangan Optimal dan Berkategori Sehat AA

Menurut dia, PKT memiliki komitmen kuat dalam menjaga ekosistem dan lingkungan yang dibuktikan melalui berbagai aksi nyata secara berkesinambungan.

Dukungan penanganan karhutla menjadi salah satu upaya dari sekian banyak kontribusi aktif PKT dalam menjaga keselarasan aktivitas industri dengan lingkungan, yang tak hanya diarahkan pada kemandirian masyarakat saja, tapi juga menitikberatkan pada pelestarian keanekaragaman hayati dan ekosistem.

"PKT menyadari kualitas lingkungan bagian dari warisan untuk generasi mendatang, maka penting untuk bijak dalam mengelola dan menjaga kelestariannya agar tak terjadi degradasi," tambah Ardi.

Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak mengapresiasi dukungan berbagai perusahaan di Kaltim dalam penanggulangan karhutla, karena sarana operasional sangat penting untuk menunjang kinerja petugas di lapangan.

Baca juga: Pupuk Kaltim Gaspol 10.000 Vaksin, Sasar Ribuan Warga Kutim dan Kukar

Apalagi dengan kondisi medan yang beragam, dukungan sarana sangat berpengaruh terhadap kecepatan dan ketepatan penanganan titik api.

"Lokasinya 'kan beragam, ada yang dekat dan ada juga yang jauh. Ada yang bisa dijangkau mobil dan sebagian hanya bisa dijangkau motor. Jadi memang tergantung oleh keberadaan titik api," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved