Breaking News:

Ibu Kota Negara

Manfaat Tidur Siang Buat Tubuh, Lakukan 10 hingga 20 Menit Sudah Cukup Ideal

Pemerhati dan peneliti Gangguan Tidur, Hening Pujasari mengatakan pemenuhan tidur yang berkualitas didapatkan dengan memenuhi sleep hygiene.

Editor: Budi Susilo
petrenkod
Ilustrasi tidur siang. Jika seorang perawat berdinas malam, kurang lebih 10 jam, maka berarti akan memiliki hak istirahat 1 jam 15 menit. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemerhati dan peneliti Gangguan Tidur, Hening Pujasari mengatakan pemenuhan tidur yang berkualitas didapatkan dengan memenuhi sleep hygiene atau menerapkan kebiasaan tidur yang lebih sehat.

Sehingga menghilangkan hal-hal yang dapat mengganggu tidur

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia.

Kualitas tidur yang baik dapat memberikan kondisi tubuh menjadi segar dan bugar saat bangun sehingga dapat melakukan aktifitas kembali secara optimal.

Baca juga: PENTING! Inilah Waktu Terbaik, Durasi dan Manfaat Tidur Siang, Terlalu Sering Bisa Bahayakan Jantung

Baca juga: Ini Manfaat Bagi Kesehatan Kenapa Harus Tidur Siang, Salah Satunya Membuang Racun di Otak

Baca juga: Jangan Sepelekan Tidur Siang, Ini Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Menangkal Penyakit Kronis

“Tidur berkualitas merupakan tidur yang memberikan perasaan dan kondisi segar dan bugar pada saat bangun,” kata Hening dalam keterangan resmi, Kamis (23/12/2021).

Hening menambahkan, tidur yang nyenyak juga bisa meningkatkan fungsi otak.

sehingga seseorang bisa berpikir lebih jernih, lebih fokus, dan mampu menyelesaikan persoalan yang kompleks.

Selain itu, tidur berkualitas juga dapat meningkatkan kesehatan mental. Sebaliknya, bila seseorang mengalami kurang tidur, maka dapat memicu depresi, gangguan kecemasan, bipolar, sampai dengan gangguan stres pascatrauma.

Baca juga: Benarkah Tidur Siang yang Lebih dari 1 Jam Berdampak Buruk Bagi Kesehatan? Berikut ini Penjelasannya

Tidur berkualitas penting untuk kesehatan dan banyak cara yang dapat dilakukan di rumah untuk mencapai tidur yang berkualitas tersebut.

"Jika tidur merupakan suatu masalah yang tidak kunjung teratasi, maka seseorang dianjurkan mengunjungi fasilitas kesehatan,” ungkapnya.

Menurut Hening, langkah yang perlu diperhatikan untuk mendapakan tidur yang berkualitas adalah membatasi konsumsi makan dan minum sebelum tidur, jadwal tidur dan bangun yang sama.

Juga melakukan olahraga secara rutin, berada di lingkungan yang baik, serta napping menjadi bagian dari tidur siang yang dianjurkan.

“Napping yang dianjurkan adalah dalam waktu 10-20 menit, dengan menciptakan lingkungan yang tenang, nyaman, dan cahaya yang redup,” ucapnya.

Ia memberi contoh, setelah bekerja lebih kurang 4 jam, maka mendapatkan waktu istirahat 30 menit.

Jika seorang perawat berdinas malam, kurang lebih 10 jam, maka berarti akan memiliki hak istirahat 1 jam 15 menit.

”Dengan demikian, maka perawat harus mampu memaksimalkan napping untuk menjaga kebugaran dengan menggunakan waktu seoptimal mungkin untuk istirahat,” jelas Hening. 

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Tidur Siang Selama 10-20 Menit Sangat Dianjurkan untuk Jaga Kebugaran Tubuh

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved