News Video

NEWS VIDEO Jadi Desa BRIlian, Bhuana Jaya Kukar Manfaatkan Website hingga Radio untuk Layanan Publik

emanfaatan teknologi dan informasi dalam pelayanan publik di masa pandemi Covid-19 menjadi program unggulan Desa Bhuana Jaya selama pandemi melanda.

Penulis: Aris Joni | Editor: Wahyu Triono

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Pemanfaatan teknologi dan informasi dalam pelayanan publik di masa pandemi Covid-19 menjadi program unggulan Desa Bhuana Jaya selama pandemi melanda sejak awal tahun 2020 lalu.

Program tersebut juga yang menjadi cikal bakal berhasilnya Desa Bhuana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara, dalam ajang Anugerah Desa BRIlian Batch-2 tahun 2021 yang diselenggarakan Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) RI.

Dengan mengusung tema "Ketahanan di Masa Pandemi dengan Menggunakan Pelayanan Mandiri di Desa Bhuana Jaya" mengantarkan desa tersebut menjadi Juara Harapan 2 di ajang bergengsi tersebut.

Saat ditemui, Kepala Desa Bhuana Jaya, Friend Effendy menceritakan awal pandemi covid-19, ia merasa tak akan begitu berdampak bagi desanya.

Baca juga: Desa BRIlian Bhuana Jaya Awalnya Lokasi Transmigrasi, Kini Punya Usaha TV Kabel hingga Jasa Pos

“Namun setelah ada kebijakan pembatasan sosial bagi masyarakat serta terdapatnya warga yang terpapar Covid-19, pelan tapi pasti sedikit demi sedikit pandemi ini mulai berdampak pada perekonomian warga,” kata Friend Effendy, Rabu (22/12/2021).

Melihat kondisi ini, dirinya beserta lembaga desa yang ada di Pemerintah Desa mengambil langkah-langkah strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan pemberdayaan kemasyarakatan desa serta penanggulangan bencana keadaan darurat mendesak desa.

"Sehingga Desa kami berupaya berinovasi mencari terobosan dalam menghadapi pandemi global akibat mewabahnya virus corona sampai ke pelosok desa, termasuk di Desa bhuana Jaya ini," ujarnya.

Alhasil, banyak kegiatan pelayanan di Desa Bhuana Jaya yang dilakukan secara online atau daring selama masa pandemi covid-19.

Baca juga: Jadi Desa BRIlian, Bhuana Jaya di Kukar Manfaatkan Website hingga Radio untuk Layanan Publik

Seperti kegiatan surat-menyurat, pertemuan atau rapat dan pelayanan kepada masyarakat.

Di masa pandemi pihaknya banyak melakukan sosialisasi dengan menggunakan sistem digital dan teknologi media komuikasi lainnya.

Seperti sosialisasi dan hasil musyawarah desa sering disampaikan ke masyarakat melalui media informasi desa yang dimiliki, seperti website pemerintah desa yakni www.bhuanajaya.desa.id atau http://www.bhuanajaya.desa.or.id/first.

Kemudian ada pula Radio Komunitas FM milik Desa Bhuana Jaya 105.9 MHZ serta melalui live streaming.

Lalu ada pula media sosial berupa Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube yang dikelola oleh Pemerintah Desa Bhuana Jaya.

Baca juga: Raih Juara Harapan 2 Ajang Desa BRIlian Batch-2, Bhuana Jaya Boyong Piala dan Rp 25 Juta

"Ada juga group Whatsapp dan Telegram Group," ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved