Breaking News:

Natal dan Tahun Baru

Pdt Mika Singal: Cinta Kasih Kristus yang Menggerakkan Persaudaraan

Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.

dok pribadi
Pdt Mika Singal, M.Th Ketua Daerah GKII Kota Balikpapan & Ketua 1 PGI Kota Balikpapan 

RENUNGAN NATAL

Oleh: Pdt Mika Singal M.Th 

Ketua Daerah GKII Kota Balikpapan & Ketua 1 PGI Kota Balikpapan

Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus iklas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu (1  Petrus 1:22).

Kasih kepada Allah adalah dasar dan kekuatan yang memampukan orang percaya untuk mengasihi sesama dengan kasih persaudaraan. Kasih persaudaraan adalah kasih dengan sifat tanpa membedakan, menggolongkan, dan mengelompokkan. Tuhan Allah telah mengajar kasih yang demikian, sebagaimana dijelaskan di dalam Injil Yohanes 3:16 “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini sehingga dikaruniakanNya Anak-Nya yang tunggal…”; di sini  menjelaskan bahwa Allah tidak membedakan kasihNya dan kasih-Nya ditujukan kepada semua umat manusia dunia.

Allah datang ke dalam dunia di dalam pribadi Yesus Putra Natal yang kudus, karena Ia mengasihi semua manusia di dunia.  Ia datang menyelamatkan semua manusia di dunia dengan tidak memilih golongan atau  kelompok tertentu.

Rasul Petrus di dalam suratnya I Petrus 1:22 menjelaskan bahwa kasih persaudaraan ini merupakanbukti ketaatan dan kehidupan yang berkenan kepada Allah, “Karena kamu telah menyucikan dirimu oleh ketaatan kepada kebenaran, sehingga kamu dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus iklas, hendaklah kamu bersungguh-sungguh saling mengasihi dengan segenap hatimu”.

Di dalam Injil Matius, Tuhan Yesus juga menegaskan bahwa mengasihi sesama manusia seperti diri sendiri adalah sama hukumnya dengan kasih kepada Allah. “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.  Pada kedua hukum inilah tergantung seluruh hukum taurat dan kitab para nabi. (Matius 22:37-40)

Jadi, ketaatan dan kebenaran  hidup kita di hadapan Allah dibuktikan dengan kasih kepada sesama yang dilakukan seperti kasih kita kepada diri sendiri.   Adakah kita pernah membedakan kasih pada tiap organ tubuh kita? Tidakkah kita merawatnya dengan kualitas kasih yang sama? Sebab 1 Korintus 12:26 berkata, “Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita”.

Tuhan menghendaki kita untuk dapat mengamalkan kasih persaudaraan yang tulus iklas dan bersungguh-sungguh dengan saling mengasihi sepenuh hati seperti kasih kita pada diri sendiri.

Jhon C. Maxwel mengatakan; “Kita bisa memberi tanpa mengasihi, tetapi kita tidak mungkin mengasihi tanpa memberi”.

Natal 2021 adalah momentum bagi orang percaya kepada Tuhan untuk mengimplementasikan  kasih  kepada sesama manusia. Karena kasih ini pun merupakan perwujudan kasih kepada Allah.

Di tengah situasi ini, memang rasanya sangat sulit mengasihi sesama dengan tulus seperti kasih Tuhan kepada kita.  Namun sekali lagi, Tuhan rindu agar kita tetap mengasihi. Bukan hanya dengan memberikan bantuan secara materiil tetapi juga dalam hal membangun, menguatkan, berempati, memberi pengharapan dan menghadirkan sukacita bagi saudara-saudara kita; Galatia 6:4,7 “Baiklah tiap-tiap orang menguji pekerjaannya sendiri; maka ia boleh bermegah melihat keadaannya sendiri dan bukan melihat keadaan orang lain”, “Jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya”.

Semoga momen Natal 2021 tidak berlalu begitu saja. Sebagai umat Allah, hendaklah kita membangun kehidupan Kota Balikpapan dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan penuh semangat dan pengharapan baru. Tuhan Yesus memberkati. AMIN.(*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved