Breaking News:

Gagas Guntung Eco Culture Sport Tourism, Pupuk Kaltim Siapkan SDM Melalui Team Building Training

Kembangkan potensi pariwisata Kelurahan Guntung yang diselaraskan dengan pemberdayaan masyarakat, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT)

Editor: Diah Anggraeni
HO/Pupuk Kaltim
Pupuk Kaltim menggelar Team Building Training yang bekerja sama dengan Bota Public Speaking Inbis Permata Bunda, Rabu (22/12/2021). Kegiatan ini digelar guna mempersiapkan sumber daya pengelola program yang tergabung dalam FKPP Kelurahan Guntung. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kembangkan potensi pariwisata Kelurahan Guntung yang diselaraskan dengan pemberdayaan masyarakat, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim/PKT) menginisiasi program Guntung Eco Culture Sport Tourism dengan konsep sustainable community berbasis pariwisata.

Pada tahap awal, PKT mempersiapkan sumber daya pengelola program yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pengembangan Pariwisata (FKPP) Kelurahan Guntung, melalui Team Building Training, bekerja sama dengan Bota Public Speaking Inbis Permata Bunda, Rabu (22/12/2021).

Baca juga: Sepanjang 2021, Pupuk Kaltim Fasilitasi Pendidikan 36 Anak Melalui Program PKTPP

Sebanyak 25 anggota FKPP Guntung dibekali penguatan esensi program dengan memahami basic skill dan soft skill pendukung, untuk membangun kerja sama tim dalam menjalankan program sesuai konsep, guna mewujudkan konstruksi branding secara tepat dan terarah.

FKPP Guntung terdiri berbagai kalangan masyarakat, seperti LPM Kelurahan Guntung, Pokdarwis Benua Etam, Karang Taruna Citra dan Lembaga Adat Kutai.

Acara Team Building Training yang diikuti 25 anggota FKPP Guntung.
Acara Team Building Training yang diikuti 25 anggota FKPP Guntung. (HO/Pupuk Kaltim)

SVP Umum PKT, Ardi Harto Mulyo mengungkapkan, Guntung Eco Culture Sport Tourismn merupakan program pemberdayaan yang sifatnya multiyears, yang disiapkan PKT sebagai program baru untuk pengembangan potensi pariwisata menuju kemandirian masyarakat di Kelurahan Guntung.

Maka penguatan kapasitas anggota FKPP Guntung untuk mengelola dan mengembangkan program penting dilakukan sejak awal, agar sasaran Guntung Eco Culture Sport Tourism mampu berjalan sesuai konsep dan target yang ditetapkan.

"Program ini sama dengan Better Living in Malahing yang dikembangkan PKT untuk mewujudkan kemandirian masyarakat secara bertahap. Maka dari itu, penguatan kapasitas anggota FKPP Guntung yang akan mengelola dan mengembangkan program perlu disiapkan, sebelum kita launching dalam waktu dekat," ujar Ardi.

Baca juga: Dukung Pendidikan Putra dan Putri TNI-Polri, Pupuk Kaltim Salurkan Beasiswa

Penyiapan Guntung Eco Culture Sport Tourism sejauh ini telah direalisasikan PKT melalui berbagai bantuan infrastruktur penunjang, seperti gapura Guntung, pembangunan fasilitas olahraga tradisional dan monthly market, perbaikan tempat parkir, area photobooth, pembangunan kamar mandi biofilter dan cycling rest area, hingga dukungan pelaksanaan berbagai even olahraga dan kesenian tradisional.

"PKT berharap FKPP Guntung dapat menjalankan dan mengelola program ini secara maksimal, sehingga mampu memberi manfaat yang lebih luas bagi masyarakat maupun daerah," tambah Ardi.

Mewakili Pemkot Bontang, Camat Bontang Utara Sutrisno mengapresiasi langkah PKT dalam mendorong kemandirian masyarakat, melalui pengembangan potensi daerah secara terstruktur dan terarah.

Program Guntung Eco Culture Sport Tourism dinilai sebagai kesatuan konsep yang mampu meningkatkan produktivitas sekaligus pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Guntung, dengan mengoptimalkan peluang berbasis wisata budaya.

"Apalagi PKT telah memberikan dukungan infrastruktur, sebagai hal utama yang harus disiapkan untuk memaksimalkan potensi wisata. Ini menjadi hal yang luar biasa untuk bisa kita kembangkan ke depannya," ungkap Sutrisno.

Anggota FKPP Guntung yang mengikuti Team Training Building dibekali penguatan esensi program dengan memahami basic skill dan soft skill pendukung untuk membangun kerja sama tim.
Anggota FKPP Guntung yang mengikuti Team Training Building dibekali penguatan esensi program dengan memahami basic skill dan soft skill pendukung untuk membangun kerja sama tim. (HO/Pupuk Kaltim)

Dirinya berharap program ini dapat diperluas PKT, karena masih banyak potensi pariwisata yang butuh dukungan pengembangan untuk mencapai sasaran secara optimal.

Terlebih sektor pariwisata merupakan salah satu sasaran utama penguatan kapasitas daerah, yang tengah digencarkan Pemkot Bontang untuk menarik lebih banyak minat wisatawan, sehingga berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat.

"Semoga program ini bisa dikembangkan untuk kawasan wisata lain di Bontang, sehingga potensinya kita maksimalkan dengan dukungan Pupuk Kaltim didalamnya," harap Sutrisno. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved