Breaking News:

News Video

NEWS VIDEO 5 Ekor Ular Python Diserahkan kepada BKSDA Kaltim, Berat Hingga 70 Kilogram

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Penajam Paser Utara (PPU) menyerahkan lima ekor ular jenis piton

Editor: Sandrio

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Penajam Paser Utara (PPU) menyerahkan lima ekor ular jenis piton kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) SKW III Balikpapan, di Unit DPKP PPU Posko Petung, Senin (10/1/2022).

Lima ekor ular Pyhton yang diantaranya dua ekor ular memiliki bobot 70 kilogram dan 60 kilogram dengan panjang sekitar lima meter hingga enam meter dan tiga diantaranya berukuran sedang.

Lima ekor ular itu ditangkap oleh DPKP PPU sepanjangn tahun 2021. Sementara mayoritas lokasi penangkapan sendiri paling banyak ditangkap di wilayah Kelurahan Petung, Kecanatan Penajam.

Plt. Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) PPU, Hadi Saputro mengungkapakan pihaknya menyershkan lima ekor ular jenis Phyton karena pihaknya merasa kualahan untuk memelihara ular tersebut.

"Kita sudah kualahan untuk memelihara dan jika kita melepas liarkan juga itu terlalu beresiko. Jadi kita berkoordinasi dengan BKSDA SKW II Kaltim Balikpapan agar pihak BKSDA dapat memberikan fasilitas untuk melepas liarkan ular-ular tersebut," ujae Hadi, Senin (10/1/2022) .

Hadi berharap dengan berkerjasama dengan BKSDA SKW III Kaltim Balikpapan hal ini dapat menjadi bagian dari penyelamatan ular-ular.

"Artinya bagian dari penyeimbangan ekosistem. Karena ular ini hampir satu bulan di sini," ujarnya.

Sementara Kepala BKSDA SKW III Kaltim Balikpapan mengaku akan menampung lima ekor ular itu sembari mencari lokasi yant tepat untuk pelepasan hewan liar tersebut.

"Kami juga akan mencari lokasi rilis yang aman. Terumata lokasi yang jauh dari pemukiman warga. Mungkin sekitar daerah Sepaku dan lokasinya jauh dari pemukiman warga," kata Kepala BKSDA SKW III Kaltim Balikpapan. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved