Breaking News:

Otomotif

Tahukah Anda Kenapa Motor Matic Zaman Now Jarang Dikasih Fitur Kick Starter? Ini Penjelasannya

Tahukah anda kenapa motor matic zaman now jarang dikasih fitur kick starter? Ini penjelasannya.

Editor: Nur Pratama
Gridoto.com/Aziz
Kick starter 

TRIBUNKALTIM.CO - Tahukah anda kenapa motor matic zaman now jarang dikasih fitur kick starter? Ini penjelasannya.

Padahal kick starter merupakan salah satu fitur penting dari motor untuk menyalakan mesin kendaraan secara manual atau diengkol.

Pada motor matik fitur tersebut biasanya berada di sebelah kiri mengikuti letak CVT, berbeda dengan motor bebek dan sport yang berada di sebelah kanan.

Jika sobat memperhatikan lagi, saat ini banyak motor baru yang absen atau tidak menggunakan kick starter misalnya saja pada motor matik 150 cc.

Padahal fitur ini sebenarnya cukup berguna bagi pemilik kendaraan jika mengalami masalah seperti electric starter macet bahkan saat mengalami aki tekor.

Lantas, apa yang menjadi alasan di balik absennya fitur kick starter pada motor matik?

Baca juga: Jangan Biarkan Tangki Bensin Berkarat, Ini Dampak Buruk yang Bakal Terjadi pada Motor

Baca juga: Mengapa Standar Samping Motor Disematkan di Sebelah Kiri? Tenyata Ini Loh Alasannya

Menurut Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), ada beberapa alasan kenapa motor matik kini tidak sematkan fitur kick starter.

"Untuk matik 150 cc contohnya Vario 150 memang sudah tidak ada kick starternya, karena hasil survei rata-rata konsumen tidak menggunakan kick starter. Bahkan sebagian juga ada yang melepasnya," ujar Endro kepada GridOto.com belum lama ini.

Selain itu, Endro mengungkapkan pada motor matik lebih praktis dengan memakai fitur electric starter untuk menyalakan mesin.

Bagi pemilik motor matik tidak perlu khawatir, tidak disematkan fitur kick starter ini ternyata sudah diperhitungkan dengan matang oleh pabrikan.

Halaman
12
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved