Berita Kaltim Terkini

F-PPP dan Gerindra DPRD Kaltim Setuju Raperda Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Segera Dibentuk

Pariwisata merupakan salah satu sektor yang berpotensi meningkatkan PAD Kalimantan Timur. Namun pariwisata di Kaltim tidak memiliki payung hukum

TRIBUNKALTIM.CO/JINO PRAYUDI KARTONO
Jubir Fraksi PPP Rima Hartati memaparkan pandangan terkait pembangunan kepariwisataan di Kaltim dalam rapat paripurna ketiga, Rabu (12/1/2022). TRIBUNKALTIM.CO/JINO PRAYUDI KARTONO 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pariwisata merupakan salah satu sektor yang berpotensi meningkatkan PAD Kalimantan Timur. Namun pariwisata di Kaltim tidak memiliki payung hukum yang kuat dalam regulasi terkait kepariwisataan.

Untuk itu beberapa fraksi DPRD Kaltim pun setuju agar adanya peraturan daerah terkait Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan di Kaltim. Juru bicara Fraksi PPP Rima Hartati, Rabu (12/1/2022) menyambut baik terkait Raperda tersebut.

Namun ada beberapa catatan kepada pemerintah terkait pariwisata. Ia meminta agar pemerintah memperhatikan kawasan Karst Sangkulirang. Pihaknya meminta agar pemerintah menolak pembangunan pabrik semen yang berlokasi di kawasan Karst Sangkulirang.

"Jadi fokus semua operator untuk lindungi dari rencana pembangunan pabrik semen yang mengganggu potensi pariwisata tersebut," ucapnya.

Sementara itu jubir Fraksi Gerindra Agus Suwandi mengatakan pihaknya meminta agar pemerintah terus fokus peningkatan kapasitas infrastruktur destinasi wisata. Sebab pihaknya melihat untuk ke lokasi wisata di Kaltim masih sulit melewati lokasi wisata andalan di 10 Kabupaten kota.

Baca juga: Usai Raih Putri Pariwisata Kaltim, Gadis Asal Babulu Akan Bersaing Tingkat Nasional

Baca juga: Duta Wisata Kaltim Terpilih Abi dan Elga Siap Majukan Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Kaltim

Baca juga: Berikut Hasil Pemilihan Duta Wisata dan Putri Pariwisata Kaltim 2021

"Kalimantan Timur mesti berjuang dalam pembangunan infrastruktur ke destinasi unggulan selain Jawa dan Bali. Potensi keindahan alam dan budaya Kaltim tidak kalah.

Daya tarik wisata alam dengan keanekaragaman hayati dengan kondisi topografi yang bervariasi dan berbukit. Laut, gunung dan sungai menjadi lokasi wisata favorit," ucapnya.

Fraksi Gerindra menilai potensi wisata di Kaltim sebagai sumber PAD selain minerba sangat tinggi. Berdasarkan data BPS Kaltim tahun 2016-2019 wisatawan Kaltim tiap mengalami peningkatan.

"Tahun 2016-2019 jumlah wisatawan tercatat bertambah 15 persen. 2016 berjumlah 5,9 juta naik 6,9 juta di tahun 2019. Data Kepariwisataan Kaltim oleh BPS juga menunjukkan tingkat hunian kamar hotel pada tahun 2018 berjumlah 51 persen menjadi 55 persen di tahun 2019," ucap Agus Suwandi. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved