Breaking News:

Berita Berau Terkini

Bupati Berau Sri Juniarsih Inginkan Ada Rumah Produksi Coklat

Kabupaten Berau tidak hanya dianugerahi keindahan alam, tetapi Bumi Batiwakkal kaya akan hasil pertanian unggulan

Penulis: Renata Andini Pengesti | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI
Bupati Berau, Sri Juniarsih, saat mengunjungi rumah produksi coklat. Kabupaten Berau tidak hanya dianugerahi keindahan alam, tetapi Bumi Batiwakkal kaya akan hasil pertanian unggulan. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Kabupaten Berau tidak hanya dianugerahi keindahan alam, tetapi Bumi Batiwakkal kaya akan hasil pertanian unggulan.

Salah satunya komoditi kakao yang bijinya telah banyak diekspor ke beberapa negara.

Meningkatkan nilai tambah produk petani Kakao, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas berharap kedepannya produksi coklat bisa dilakukan didaerah ini.

Hal itu diungkapkan Sri Juniarsih Mas disela mengunjungi Museum and Factory Chocolate "Monggo" di Kabupaten Bantul Jogjakarta.

Baca juga: Bupati Berau Sri Juniarsih Targetkan Perumda Air Minum Batiwakkal Bisa Melayani di Kampung

Baca juga: Bupati Berau Sri Juniarsih Mas Apresiasi Pelatihan Membatik Bagi Istri Prajurit

Baca juga: Sri Juniarsih Paparkan Keunggulan Berau, Bukan Hanya Wisata Menawan tapi Juga Hutan

Kunjungan bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kabupaten Berau, Ilyas Natsir dan Yayasan Dharma Bakti Berau Coal tersebut, selain untuk melihat secara langsung kegiatan produksi pengolahan coklat, juga untuk menjajaki kerjasama dalam pengembangan produksi Kakao mulai dari hulu hingga hilir di Kabupaten Berau.

“Kami kesini untuk melihat langsung proses pengolahan biji kakao menjadi coklat, kita juga akan menjajaki kerjasama agar di Berau juga bisa memproduksi coklat," ungkapnya kepada TribunKaltim.co, Kamis (13/11/2022).

Kakao Kabupaten Berau merupakan salah satu komoditi dalam pengembangan produk unggulan kawasan pedesaan (Prukades) sejak tahun 2018.

Digagas oleh Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

Baca juga: DPRD Berau Sahkan Tiga Perda, Bupati Sri Juniarsih: Semoga Bisa Kami Laksanakan

Pemkab Berau melakukan kerjasama dengan PT Berau Coal sebagai mitra pemerintah dalam pendampingan dan pembinaan kepada, serta disuport Kementerian Desa dan PDTT.

"Kakao ini menjadi komoditi unggulan dan kita ingin terus mempromosikan dan memberikan nilai tambah dengan industri hilirnya juga ada di Berau," tegasnya.

Sementara itu, Bupati Sri Juniarsih juga menghadiri rapat kerja konsorisum program pejuang sigap sejahtera, antara Universitas Gajah mada, Yayasan Konservasi Alam Nusantara, YDBC dan Sekkab PSS.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sri Juniarsih, memberikan arahan terkait peran utama pejuang sigap sejahtera dalam pendampingan desa untuk terus maju dan berkembang.

"Menggali potensi dan pemberdayaan ekonomi menuju masyarakat Berau Sejahtera. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tRibunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved