Breaking News:

Berita Paser Terkini

31.600 UMKM di Kabupaten Paser Kalimantan Timur Bakal Dikembangkan Melalui Digitalisasi

Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Paser bakal melakukan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui digitalisasi.

TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Paser, Ina Rosana. TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Pemerintah Kabupaten atau Pemkab Paser bakal melakukan pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui digitalisasi.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKISP) Paser Ina Rosana mengatakan, pengembangan usaha UMKM tersebut sudah dibahas dengan pihak Telkomsel, Jumat (14/1/2022).

Program pengembangan UMKM ini selanjutnya akan ditindaklanjuti dalam bentuk sosialisasi oleh Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM.

"Disperindagkop yang akan tindaklanjuti program-program yang ditawarkan oleh Telkomsel untuk membantu pembangunan UMKM di Paser," kata Ina.

Lebih lanjut dikatakan, dari data Disperindagkop Paser, tercatat 31.600 jumlah UMKM di Kabupaten Paser. Menurutnya, dengan jumlah tersebut merupakan potensi ekonomi yang harus dikembangkan.

Baca juga: Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi, Pemkab Paser Diharapkan Lakukan Digitalisasi UMKM

Baca juga: Sinergi Telkomsel, Gojek Semakin Kuat Dukung Digitalisasi UMKM dan Produktivitas Mitra Driver

Baca juga: Inspiring Talk SKK Migas, Digitalisasi UMKM, Sebuah Keniscayaan di Era Kekinian

"Jika ini harus dikembangkan terus dengan digitalisasinya, karena digitalisasi sudah menjadi kebutuhan masyarakat yang dapat meningkatkan perekonomian," tambahnya.

Kepala DKISP Paser berharap dengan dukungan Telkomsel, usaha UMKM di Kabupaten Paser bisa semakin berkembang.

"Dengan catatan, tersedia Jaringan komunikasi UMKM di desa-desa melalui bantuan Telkomsel," terang Ina.

Sementara itu, Manager Branch Telkomsel Balikpapan, Deni Eko Harwanto mengatakan pihaknya akan berupaya dalam membantu Pemkab Paser dalam pengembangan UMKM.

Dijelaskan, pihaknya bakal membantu UMKM Paser melalui dukungan aplikasi DigiPOS, yang bisa digunakan outlet maupun perorangan untuk aktivitas penjualan produk.  "Aplikasi ini akan terintegrasi dengan pembayaran, hingga aplikasi jasa pengiriman," tuturnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tRibunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved