Breaking News:

Berita Nasional Terkini

Cek Aturan Perjalanan Luar Negeri bagi WNI dan WNA, Setelah Larangan 14 Negara Masuk RI Dihapus

Pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan untuk meniadakan daftar 14 negara yang dilarang masuk ke Indonesia.

Editor: Ikbal Nurkarim
Warta Kota/Nur Ichsan
Ilustrasi. Bandara Soekarno Hatta kembali ramai oleh para penumpang pesawat yang datang maupun hendak pergi ke sejumlah daerah seperti terlihat, Minggu (10/10/2021). Pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan untuk meniadakan daftar 14 negara yang dilarang masuk ke Indonesia. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemerintah Indonesia menghapus larangan 14 negara masuk Indonesia terkait varian Omicron.

Larangan tersebut resmi dihapus setelah terbit Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 02 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi Covid-19, yang berlaku mulai 12 Januari 2022.

WNI dan WNA pelaku perjalanan luar negeri diizinkan memasuki Indonesia dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat.

Pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 memutuskan untuk meniadakan daftar 14 negara yang dilarang masuk ke Indonesia karena penyebaran varian Omicron.

Dengan demikian, pemerintah kini membuka pintu masuk kedatangan internasional bagi seluruh negara.

Baca juga: INILAH Aturan dan Syarat Naik Kapal Pelni Tahun 2022, Lengkapi Syarat Dokumen Perjalanan Kapal Laut

Baca juga: RINCIAN Aturan dan Syarat Naik Kapal Laut Tahun 2022, Cek Syarat Dokumen Perjalanan Kapal Pelni

Baca juga: Daftar Bandara & Pelabuhan Pintu Masuk Pelaku Perjalanan Luar Negeri, Ini Ketentuan Lokasi Karantina

Langkah ini diambil berdasarkan hasil keputusan bersama dalam rapat terbatas pada 10 Januari dan tertuang dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 02 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi COVID-19.

SE tersebut mulai belaku efektif pada 12 Januari 2022.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, keputusan ini diambil mengingat varian Omicron sudah meluas ke 150 dari total 195 negara di dunia (76 persen negara) per 10 Januari 2022.

“Jika pengaturan pembatasan daftar negara masih tetap ada, maka akan menyulitkan pergerakan lintas negara yang masih diperlukan untuk mempertahankan stabilitas negara termasuk pemulihan ekonomi nasional," kata Wiku dalam keterangan tertulis, Jumat (14/1/2022) dikutip dari Kompas.com.

Wiku mengatakan, keputusan penghapusan daftar negara asal warga negara asing (WNA) yang tidak boleh memasuki Indonesia ini diiringi dengan penetapan kriteria WNA yang masih tetap sama ketatnya sebagaimana yang telah diatur dalam surat edaran satgas sebelumnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved