Breaking News:

Berita Kukar Terkini

Endus Lokasi Tambang Ilegal di Kabupaten Kutai Kartanegara, Polda Kaltim Dalami Keterangan Saksi

Polda Kaltim bersama Direktorat Tipidter Bareskrim Polri mengendus adanya aktivitas tambang ilegal di areal Bukit Pariaman, Tenggarong Seberang,

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Jajaran Polda Kaltim bersama Direktorat Tipidter Bareskrim Polri mengendus adanya aktivitas tambang ilegal di areal Bukit Pariaman, Tenggarong Seberang, Kabupaten Kukar. TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Jajaran Polda Kaltim bersama Direktorat Tipidter Bareskrim Polri mengendus adanya aktivitas tambang ilegal di areal Bukit Pariaman, Tenggarong Seberang, Kabupaten Kukar, persisnya Jumat (31/12/2021).

Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Pol Yusuf Sutejo menjelaskan, titiknya sendiri berlokasi di kawasan konsesi milik PT MSJ.

"Kami telah melakukan pengecekan di lokasi pertambangan di areal Bukit Pariaman sebanyak 10 titik," sebut Yusuf, Jumat (14/1/2022).

Dalam pelaksanaan itu, lanjut dia, ditemukan adanya penambangan illegal yang dilakukan di dalam kawasan IUP PT MSJ. Dimana kemudian ditemukan 6 unit excavator dan 1 unit Dump Truck.

"Berdasarkan titik koordinat penemuan excavator dan dump truck tersebut berada di dalam kawasan IUP PT MSJ yang telah ditinggalkan oleh operatornya," imbuh Yusuf.

Baca juga: Tambang Ilegal Masih Kerap Ditemukan, Kapolresta Samarinda Sebut Akan Menindak Tegas

Baca juga: Penanganan Tambang Ilegal Diharap Polresta Samarinda Ada Aturan Jelas, Masyarakat Bisa Lapor

Baca juga: Jadi Incaran Mafia Tambang, Warga Desa Bhuana Jaya Tolak Keras Aktivitas Tambang Ilegal

Adapun barang bukti yang ditemukan, kata Yusuf, diperlakukan sebagaimana yang diatur dalam Perkap 10 tahun 2010 tentang Pengelolaan Barang Bukti dapat dikategorikan sebagai barang temuan.

"Saat ini sebagian excavator serta dump truck tersebut dititipkan di Pos 1 Satuan Pengamanan PT MSJ," sambungnya.

Saat ini pihaknya masih memburu otak tambang ilegal tersebut. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tRibunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved