Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

Ingin Fasum Perum Bengkuring Diserahkan ke Pemkot Samarinda, Walikota Turunkan Tim Inventarisasi

Walikota Andi Harun bertekat agar fasilitas umum yang dibangun di perumahan Bengkuring, Kelurahan Sempaja Timur, Samarinda Utara segera diserahkan

Penulis: Hanifan Ma'ruf | Editor: Mathias Masan Ola
HO/Pemkot Samarinda
Walikota Samarinda, Andi Harun akan menurunkan tim untuk inventarisasi aset fasilitas umum di perumahan Bengkuring, Kelurahan Sempaja Timur, Samarinda Utara. HO/Pemkot Samarinda 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Walikota Andi Harun bertekat agar fasilitas umum yang dibangun di perumahan Bengkuring, Kelurahan Sempaja Timur, Samarinda Utara segera diserahkan kepada Pemkot .

Walikota Andi Harun memutuskan membentuk tim inventarisasi yang akan turun ke lapangan untuk menganalisa sarana dan prasarana mana saja yang harus diserahkan kepada Pemkot Samarinda.

Langkah itu diambil agar Pemkot Samarinda bisa segera melakukan tindak lanjut pengamanan kepada fasilitas publik yang ada di perumahan tersebut, sehingga mendapatkan kejelasan status jika telah diserahkan kepada pemerintah.

"Nanti tim akan turun bersama dengan perumnas, melihat langsung lokasi sarana prasarana, seperti jalan, drainase, fasilitas olahraga hingga pendidikan," terangnya di balai kota, Jumat (14/1/2022).

Fasum-fasum di perumahan Bengkuring yang belum diserahkan ke Pemkot diakui akan mempersulit Pemkot untuk melakukan pengelolaan, terlebih jika fasum itu memerlukan pengembangan dan perbaikan sewaktu-waktu.

Baca juga: Walikota Andi Harun Ingin Fasum di Perumahan Bengkuring Diserahkan ke Pemkot Samarinda

Baca juga: Masih Sengketa, Perumnas Belum Serahkan Fasum Perumahan Bengkuring ke Pemkot Samarinda

Baca juga: Manfaatkan Dana Alokasi Pusat, LPM Gunung Samarinda Perbaiki Fasum Sampai Berdayakan Pengangguran

"Setelah ditinjau, maka akan disepakati fasum mana yang akan diserahkan, kemudian ditindaklanjuti dengan serah terima," tutur Walikota.

Andi Harun mengharapkan tim yang terdiri dari bidang-bidang terkait di jajaran pemkot bisa bekerja dalam waktu dekat, sehingga masalah aset fasum ini bisa selesai pada bulan Januari ini.

"Kita tunggu tim ini turun ke lapangan, mudah-mudahan bulan ini sudah selesai," tukasnya.

Sebelumnya Pemkot Samarinda meminta agar Perumnas menyerahkan semua fasilitas umum dan sarana prasarana di perumahan Bengkuring sesuai dengan peraturan Mendagri Nomor 9/2019.

Pemkot menginginkan dengan diserahkannya aset fasum itu kepada Pemkot, maka akan memberikan kejelasan status dan keleluasaan pengelolaan oleh Pemkot Samarinda, termasuk penyelesaian fasum yang bersengketa.

Baca juga: Fasilitas Umum Tutup saat Libur Natal dan Tahun Baru di Balikpapan, Berlaku Juga bagi PKL

Di atas lahan 77 hektare perumahan Bengkuring, terdapat beberapa fasilitas umum yang sudah dibangun oleh Perumnas selaku pengembang perumahan.

Beberapa di antaranya seperti Puskesmas, masjid, kantor kelurahan, pasar Bengkuring dan saran olahraga seperti lapangan bola. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tRibunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved