Breaking News:

Berita Samarinda Terkini

RSIA JMB Adakan Operasi Bibir Sumbing Gratis Sambut HUT Kota Samarinda

Menyambut hari jadi ke-354 tahun Kota Samarinda, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Jimmy Medika Borneo (JMB) memberikan operasi bibir sumbing

Penulis: Hanifan Ma'ruf | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/HANIFAN MARUF
Ketua TP PKK Kota Samarinda, Rinda Wahyuni Andi Harun menghadiri kegiatan operasi bibir sumbing oleh RSIA Jimmy Medika Borneo, Jumat (14/1/2022) dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kota Samarinda, Kalimantan Timur.  

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Menyambut hari jadi ke-354 tahun Kota Samarinda, Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Jimmy Medika Borneo (JMB) memberikan operasi bibir sumbing dan celah langit gratis.

Berlangsung di gedung RSIA JMB jalan Hidayatullah, Samarinda Kota, Ketua Tim Penggerak (TP) PKK kota Samarinda, Rinda Wahyuni Andi Harun hadir membuka dan meninjau langsung kegiatan yang berlangsung, Jumat (14/1/2022).

Sekitar 30 peserta yang terdiri dari balita, anak-anak dan satu orang dewasa hadir untuk menjalani operasi bibir sumbing dan celah langit mulut pada kesempatan itu.

Rinda Wahyuni mengaku senang dan mengapresiasi RSIA JMB yang telah berpartisipasi dengan kegiatan yang dinilai bermanfaat ini sebagai hadiah untuk ulang tahun Kota Samarinda.

Baca juga: Abdi Masyarakat, Anggota Polres Berau Asal Samarinda Ini Bantu Operasi Bibir Sumbing Anak Piatu

Baca juga: Niko Junius Pernah Dibully karena Bibir Sumbing, tak Rendah Diri, Sebut Kekurangan Hasilkan Cuan

Baca juga: Belum Punya Izin, Pembangunan Kampus UT di Sungai Kunjang Distop Pemkot Samarinda

Ia mengatakan operasi bibir sumbing ini sangat bermanfaat bagi anak usia balita yang akan mempengaruhi bukan hanya kondisi fisik mereka, namun dampak secara psikologis.

"Banyak sebenarnya anak-anak yang mengalami masalah ini cuma orang tuanya tidak berani untuk melakukan operasi, di antaranya mungkin karena faktor ekonomi atau rasa malu, tetapi dengan adanya operasi gratis ini masyarakat akan sangat terbantu," ungkap isteri dari walikota Samarinda tersebut.

Ia berkesempatan melihat langsung proses kegiatan operasi bibir sumbing di ruang operasi didampingi oleh direktur rumah sakit dan beberapa tenaga medis lainnya.

Rinda berharap agar kegiatan ini tidak hanya diadakan satu kali, dan selalu ada menyasar masyarakat lainnya yang membutuhkan penanganan bibir sumbing.

"Apalagi operasinya dilakukan saat masih anak-anak seperti tadi yang usia 3 bulan penanganannya masih cepat untuk kecantikan dan estetika mereka juga," sambungnya.

Ia juga mengupayakan agar pemerintah kota Samarinda melalui walikota bisa memberikan bantuan penanganan baik dari tenaga ahli ataupun sumber daya lainnya untuk turut menangani masalah ini.

Andri yang mendampingi anaknya yang berusia 1 tahun 7 bulan sebagai peserta operasi bibir sumbing gratis tersebut merasa terbantu atas kegiatan operasi bibir sumbing yang diselenggarakan oleh RSIA JMB ini.

Awalnya ia dan istrinya mendapatkan informasi dari dokter yang pernah menangani bibir sumbing anaknya di RS Abdul Wahab Sjahranie.

"Terutama masalah biaya kita sangat terbantu, dulu pernah di RS AWS dan dokter yang disana menyarankan kesini," ujarnya yang saat itu sedang mengantri operasi untuk buah hatinya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tRibunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved