Breaking News:

OTT KPK di PPU

Bupati AGM Tersangka KPK, Kini Eks Pejabat Dinas PU di PPU Ditangkap, Diduga Korupsi Anggaran LPJU

proyek pengadaan lampu penerangan jalan umum (LPJU) di PPU yang terindikasi dikorupsi oleh salah seorang pejabat. Inisialnya, S.

Editor: Heriani AM
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Masud dan Plt Sekda PPU, Muliadi jelang konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Kamis 13 Januari 2022. Resmi jadi tersangka, Bupati Penajam Paser Utara ( PPU ) Abdul Gafur Masud hanya diam saat disinggung soal minta maaf. Bukan minta maaf, ini pesan AGM 

TRIBUNKALTIM.CO - Ditangkapnya Bupati Penajam Paser Utara ( PPU ) Abdul Gafur Masud ( AGM ) sebagai tersangka kasus penyuapan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) membuat kabupaten yang dipimpinnya di sorot.

Kali ini, ada kabar baru soal tindak korupsi di wilayah calon Ibu Kota Negara ( IKN ) tersebut.

Kini, Polda Kaltim mengendus kembali kecurangan.

Kali ini, proyek pengadaan lampu penerangan jalan umum (LPJU) di sepanjang Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU yang terindikasi dikorupsi oleh salah seorang pejabat. Inisialnya, S.

Baca juga: AGM Diciduk KPK di Mal Jakarta, Uang Korupsi Rp1 Miliar dalam Koper Bendahara Partai Demokrat Disita

Dinas PUPR pada tahun anggaran 2017-2018 mengadakan 500 buah lampu yang menghabiskan anggaran hingga Rp 6,4 Milyar itu.

Direktur Reskrimsus Polda Kaltim, Kombes Pol Indra Lutrianto Amstono menjelaskan, pihaknya telah menetapkan tersangka S yang merupakan Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Kabupaten PPU saat proyek tersebut berjalan.

"Dia terindikasi telah menyalahgunakan wewenang terkait dengan pengadaan (LPJU) tersebut. Modusnya menggelembungkan anggaran," ujar Indra.

Berdasarkan pemetaan pihaknya, tersangka S dipastikan tidak bekerja sendiri. Kata Indra, tidak sedikit pihak lain yang terlibat dalam pengadaan LPJU itu.

Namun begitu, dirinya belum merincikan terkait pihak yang terlibat dalam tindak pidana dari pengadaan fasilitas umum dengan anggaran milyaran tersebut.

Baca juga: Wabup PPU Hamdam Mengaku Tidak Cocok dengan Gaya Bupati AGM: Beliau Stylenya Anak Muda

Hanya saja, ia memastikan proses pengerjaannya sendiri melibatkan berbagai vendor. Salah satunya, berlokasi di kawasan Bandung, Provinsi Jabar.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved