Ajak Perempuan Muda Indonesia Pahami Pentingnya Memiliki Kulit Wajah Sehat, Cerah, dan Bercahaya

Kondisi pandemi mengharuskan orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah serta memakai masker saat berada di luar rumah.

Editor: Diah Anggraeni
HO
Senior Head Brand Investment and Consumer Engagement Marina, Elfia Rahmi. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kondisi pandemi mengharuskan orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah serta memakai masker saat berada di luar rumah.

Kebiasaan ini dapat memunculkan permasalahan kesehatan kulit, namun di sisi lain, situasi ini juga meningkatkan tren baru di tengah masyarakat mengenai pentingnya perawatan kulit terutama dalam hal kecantikan dan menjadi sesuatu yang dimanifestasikan dalam rutinitas sehari hari.

Pada tahun 2021, tiga kategori skincare yang menjadi tren di masyarakat Indonesia adalah facial wash, serum, dan pelembab.

Baca juga: Profil Briptu Christy, Polwan Cantik yang Hilang Misterius, Bercita Jadi Pramugari

Adapun ketiga produk tersebut merupakan suatu rangkaian yang berkaitan erat dalam menjaga kesehatan kulit dan perawatan wajah untuk mendapatkan kulit wajah sehat, cerah dan bercahaya.

Dermatovenerologist dr. Kardiana Dewi, Sp.KK.
Dermatovenerologist dr. Kardiana Dewi, Sp.KK. (HO)

Dermatovenerologist, dr. Kardiana Dewi, Sp.KK yang hadir sebagai pembicara dalam peluncuran virtual Marina Expert White and Glow menjelaskan bahwa pandemi Covid-19 memunculkan berbagai masalah baru, termasuk pada kesehatan kulit, khususnya area wajah.

"Permasalahan kulit baru khususnya area wajah ini sering muncul seiring dengan kita yang harus beradaptasi di era new normal, namun di sisi lain hal ini juga meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki serta menjaga kulit tetap sehat, cerah, dan bercahaya," ungkap dr. Kardiana Dewi, Sp.KK.

Senior Head Brand Investment & Consumer Engagement Marina, Elfia Rahmi saat peluncuran virtual launching Marina Expert White and Glow via Zoom, Selasa (8/2/2022), juga menyadari perubahan tren akibat pandemi Covid-19.

"Melihat permasalahan kulit wajah serta tren kecantikan khususnya di bidang skincare, Marina menyadari bahwa pandemi Covid-19 ini mendorong kebiasaan baru di kalangan perempuan Indonesia, salah satu di antaranya adalah tren merawat kesehatan kulit wajah. Saat ini sudah banyak sekali konsumen menyadari dan memahami manfaat dan kandungan-kandungan yang terdapat pada produk skincare serta rangkaian dalam mengaplikasikan skincare, sehingga mendapatkan kulit wajah yang sehat, cerah dan bercahaya," jelasnya.

Baca juga: Pose Cantik Wika Salim Pakai Kebaya dan Rambut Dicepol, Bisa Jadi Rekomendasi Acara Formal

Di satu sisi, tren tersebut didukung dengan semakin mudahnya akses dari media sosial untuk mencari
berbagai informasi di dalamnya, termasuk cara melakukan perawatan kulit, mencari referensi
tentang kandungan-kandungan di dalamnya.

Terutama yang baik dan cocok untuk kulit mereka, menjadikan motivasi dan menimbulkan keinginan konsumen untuk mempelajari lebih dalam.

Sebagai solusi untuk permasalahan kulit wajah dan tren untuk mendapatkan kulit sehat, cerah, dan bercahaya, dr. Kardiana Dewi, Sp.KK. mengedukasi bahwa pada dasarnya konsumen perlu memperhatikan bagaimana kondisi skin-barrier terlebih dahulu di masing-masing wajah.

"Skin-barrier adalah lapisan kulit paling luar yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari paparan sinar ultraviolet, polusi, racun, maupun patogen yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh. Tidak hanya itu, skin-barrier memiliki peranan yang penting dalam membantu menjaga kelembaban alami serta kesehatan kulit. Jika fungsi skin-barrier
terganggu, maka kulit dapat mengalami risiko dehidrasi dan mempercepat terbentuknya melanin. Untuk itu sangat penting menjaga skin-barrier dengan perawatan yang teratur agar fungsinya optimal," jelasnya.

dr. Kardiana Dewi, Sp.KK pun menjelaskan mengenai ciri-ciri kerusakan skin-barrier yang mungkin tidak disadari sebelumnya, antara lain kulit kering, gatal, dan kemerahan atau kulit menjadi lebih sensitif. Kondisi kulit seperti ini dapat dipicu oleh kebiasaan sehari-hari seperti cara mencuci dan menggunakan sabun wajah yang tidak tepat, malas menggunakan pelembab, atau bisa juga karena penggunaan produk kecantikan yang tidak sesuai dengan
jenis kulit.

"Hal pertama yang perlu dilakukan untuk memperbaiki skin-barrier yang rusak adalah dengan mulai menerapkan perawatan kulit wajah yang tepat dan bisa dimulai dengan perawatan kulit sederhana seperti mencuci wajah dengan sabun wajah yang cocok dengan kondisi kulit wajah kita, dan menggunakan pelembab/moisturizer yang mengandung senyawa yang bisa mengatasi kulit kering, membantu meregenerasi sel dan juga menutrisi kulit. Bahan yang saat ini banyak digunakan di antaranya adalah kandungan Ceramide, Niacinamide, dan Vitamin C.
Tentunya di samping itu untuk mendapatkan hasil yang maksimal, perawatan skincare tersebut harus dilakukan secara rutin," ungkap dr. Kardiana.

Baca juga: Hasilnya Menakjubkan, Berikut 5 Aplikasi Edit Foto Kecantikan Terbaik 2022

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved