Virus Corona

Soal Kekebalan Penduduk Indonesia di Pandemi Covid-19, Epidemiologi dari Unair Angkat Suara

Ahli Epidemiologi dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Windhu Purnomo menyebut penduduk Indonesia sudah mempunyai kekebalan

Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
ILUSTRASI Vaksinasi Covid-19 di Kalimantan Timur. Ahli Epidemiologi dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Windhu Purnomo menyebut penduduk Indonesia sudah mempunyai kekebalan di tahun ini. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Ahli Epidemiologi dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Windhu Purnomo menyebut penduduk Indonesia sudah mempunyai kekebalan di tahun ini.

"Kita sudah punya kekebalan hasil vaksin Covid-19. Sudah 60 persen untuk dosis kedua. Sedangkan lansia 50 persen. Dan ada lagi tambahan booster," ungkap Windhu pada webinar virtual, Sabtu (12/2/2022).

Namun menurutnya ada hal yang tidak disadari oleh masyarakat. Yaitu mereka yang telah terinfeksi sebenarnya telah mendapatkan kekebalan secara alamiah.

Tahun lalu tiada sadar yang terinfeksi itu memberikan kekebalan secara alamiah.

Baca juga: UPDATE Virus Corona di Kaltim, Ada 62 Sampel Kemungkinan Varian Omicron

Baca juga: Pakar Epidemiologi Prediksi soal Momen Menurunnya Kasus Covid-19 Varian Omicron

Baca juga: UPDATE Virus Corona di Kaltim, Pemprov tak Ada Apel Pagi, Sistem Kerja Diatur 50 Persen

"Survei yang dilakukan Kemenkes, Kemenlu dan universitas menemukan hasil bahwa 86,6 persen sudah punya kekebalan di tingkat masyarakat," paparnya lagi.

Hal ini kata Windhu tentu menjadi sebuah kabar baik. Masyarakat telah memiliki modal sehingga tidak usah panik seperti menghadapi varian Delta.

Sehingga, prinsipnya adalah menegakkan protokol kesehatan sebagai perisai utama.

Ia lalu meluruskan jika sedari dulu vaksin Covid-19 tidak pernah mencegah penularan.

Namun mencegah terjadinya gejala berat bila tertular.

Tindakan yang mencegah diri dari terinfeksi sekali lagi adalah prokes. Jika abai, maka tubuh tidak dapat terhindar dari infeksi.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ahli Sebut Indonesia Telah Miliki Kekebalan hingga 86,6 Persen di Tingkat Masyarakat 

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved