Berita Internasional Terkini

Palestina Resmi Memiliki Masjid Baru Bernama Masjid Istiqlal Indonesia

Sudah 44 tahun setelah Masjid Istiqlal Jakarta diresmikan, Palestina resmi memiliki masjid baru bernama Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza

Editor: Budi Susilo
HO/KasihPalestina
Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza Palestina. Sudah 44 tahun setelah Masjid Istiqlal Jakarta diresmikan, Palestina resmi memiliki masjid baru bernama Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza, Palestina. 

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Sudah 44 tahun setelah Masjid Istiqlal Jakarta diresmikan, Palestina resmi memiliki masjid baru bernama Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza, Palestina.

Masjid yang diresmikan pada Selasa (22/2/2022) kemarin, itu dibangun sebagai simbol persaudaraan antara dua bangsa.

Acara yang menjadi Hari Persaudaraan Indonesia-Palestina ini dilaksanakan di dua lokasi, yaitu di Masjid Istiqlal Jakarta dan Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza, mulai pukul 20.00 WIB.

Direktur Yayasan Kasih Palestina Sopian Supriyanto mengatakan pemilihan dan penggunaan kata Istiqlal yang serupa dengan Masjid Istiqlal di Indonesia memiliki makna yang sarat doa penuh harap untuk Palestina.

Baca juga: Wagub Kaltim Hadi Mulyadi Jadi Khatib Salat Jumat di Masjid Istiqlal Jakarta

Baca juga: NEWS VIDEO Cegah Penyebaran Covid-19, Masjid Istiqlal Tidak Selenggarakan Salat Idul Fitri 1442 H

Baca juga: Menteri Agama Akui Potensi Kerumunan Tinggi, Masjid Istiqlal Jakarta tak Gelar Salat Idul Adha

Istiqlal merupakan kata yang berasal dari Bahasa Arab yang berarti merdeka. Pejuang-pejuang Bangsa Indonesia terdahulu memilih kata ini sebagai bentuk rasa syukur atas merdekanya Indonesia dari para penjajah.

Kini harapan, doa, dan perjuangan bangsa Indonesia kembali bergelora untuk Palestina merdeka. Kata Istiqlal kembali dipilih untuk masjid pertama yang dibangun Sahabat di Indonesia bagi para saudaranya di Palestina.

“Diresmikannya masjid ini menandai dimulainya kegiatan bersama layaknya dua saudara. Dengan segenap cinta, masjid ini akan selalu hadir membersamai saudara-saudara kami yang masih memperjuangkan kemerdekaannya," kata Sopian, dalam pidato sambutannya.

"Sebagaimana makna dari kata “Istiqlal” yang berarti kemerdekaan, mudah-mudahan Allah SWT segera memberikan anugerah kemerdekaan kepada Bangsa Palestina," tambahnya.

Pada tahun 1944 Palestina menjadi salah satu negara yang paling mendukung Indonesia untuk merdeka.

Baca juga: Tahun 2020 Ini, Masjid Istiqlal Tidak Menggelar Shalat Idul Adha, Berikut Sejumlah Pertimbangannya

Kini sebagai bentuk dukungan dan simbol perjuangan rakyat Indonesia, Masjid Istiqlal Indonesia Gaza dibangun begitu megahnya dalam tiga tahun terakhir.

Peletakan batu pertama di tahun 2019 disaksikan langsung oleh ribuan rakyat Palestina dengan perasaan haru dan penuh syukur.

“Tidak dipungkiri lagi bahwa sudah menjadi kewajiban kami untuk menyampaikan ungkapan syukur dan terima kasih bagi seluruh Bangsa Indonesia, secara khusus juga saya sampaikan terima kasih untuk Presiden Republik Indonesia, yang sangat kami cintai dari lubuk hati kami yang paling dalam, Bapak Presiden Joko Widodo," kata Dr. Younis Al-Astal, salah satu figur publik Gaza.

"Tidak lupa pula kami sampaikan terima kasih secara khusus untuk Yayasan Kasih Palestina, yang telah mengkoordinir pengumpulan dana dari para donatur untuk pembangunan Masjid yang begitu megah ini. Masjid Istiqlal di Jakarta memiliki ikatan sejarah dengan Masjid ini," imbuhnya.

Di sisi lain, Sopian menceritakan penjajahan yang masih tetap berlangsung hingga saat ini di Palestina sudah mengakibatkan lebih dari 200 masjid rusak bahkan hancur.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved