Berita Kukar Terkini

Mengenal Sosok Dandim Kukar Letkol Jeffry Satria, Besar di Kopassus, 3 Kali Gantikan Letkol Alling

Tak terasa satu bulan lebih Letnan Kolonel (Letkol) Inf Jeffry Satria menjabat Komandan Distrik Militer (Dandim) 0906/Kutai Kartanegara (KKR) sejak 12

Penulis: Aris Joni | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI
Sosok Dandim 0906/KKR, Letkol Inf Jeffry Satria. Tiga kali menggantikan Letkol Inf Charles Alling dalam karier kemiliteran. TRIBUNKALTIM.CO/ARIS JONI 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Tak terasa satu bulan lebih Letnan Kolonel (Letkol) Inf Jeffry Satria menjabat Komandan Distrik Militer (Dandim) 0906/Kutai Kartanegara (KKR) sejak 12 Januari 2022 lalu.

Namun, masih banyak warga Kukar belum mengenal Dandim baru pengganti Letkol Inf Charles Alling.

Sekadar diketahui, Letkol Inf Jeffry Satria merupakan tentara lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 2003 dan memang besar di Satuan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) dengan jabatan terakhir Komandan Batalyon (Danyon) 811 Sat 81 Kopassus, kemudian ditugaskan menjadi Dandim 0906/KKR.

"Jadi sejak lulus 2003 itu saya sempat jadi Danramil, lalu keliling wilayah dan ke perbatasan Timor Leste hingga tugas operasi dalam dan luar negeri," ujarnya kepada TribunKaltim.co, Minggu (6/3/2022)

Dia mengenyam pendidikan S1 di Jakarta dan lanjut S2 di Australia, lalu berkeluarga tahun 2008 dengan menikahi seorang gadis asal Bengkulu, sementara dirinya merupakan pemuda asal Minang.

Baca juga: Pimpinan Kodim Kukar Berganti, Letkol Inf Jeffry Satria Resmi Jabat Dandim 0906/Kukar

Baca juga: Walau PPKM Level 1, Dandim 0906/KKR Minta Warga Kukar tak Abai Protokol Kesehatan

"Jadi kami sama-sama dari Sumatera," tuturnya.

Usai menikah tahun 2008, kata dia, dirinya dikaruniai anak pertama tahun 2009 dan kini sudah berusia 12 tahun dan anak kedua lahir tahun 2012 dan kini telah berusia 9 tahun.

Diakuinya, selama berkarir di Kopassus, dirinya sudah bertugas di beberapa negara di wilayah Asia dan untuk penugasan di dalam negeri ke wilayah-wilayah konflik.

Sementara setelah lulus Akmil, dirinya sempat menjabat Danramil selama setahun mulai 2004-2005 di salah satu daerah di perbatasan Timor Leste.

"Kemudian 2005, saya pendidikan komando, baru saya berdinas di grup 1 Serang. Kemudian, 2009 saya ikut pendidikan antiteror, baru saya bertugas di Sat 81 sampai tahun 2021, selanjutnya ditugaskan di sini sebagai Dandim Kukar," bebernya.

Baca juga: Dandim 0906/Tgr Optimistis Keberlanjutan Pengembangan Pangan di Tanjung Batu Kukar Terus Terjaga

Diakuinya, saat ini merupakan kali ketiga dirinya menggantikan Letkol Inf Charles Alling sama masa penugasan, karena dirinya dengan Dandim terdahulu memang sering berhubungan dalam tugas.

"Kebetulan Pak Alling juga di Sat 81 dan beberapa kali tugas bareng beliau. Jadi ini yang kali ketiga mengganti pak Alling, dulu beliau menjadi komandan detasemen saya gantikan, kemudian jadi Wadanyon saya gantikan juga, dan sekarang jadi Dandim Kukar saya juga yang menggantikan," ucapnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved