Berita Paser Terkini

Sejumlah LPJU di Jalan Protokol Padam, Dishub Paser Sebut Akibat Pemasangan Lampu Hias Kurang Safety

Sejumlah Lampu Penerangan Jalan Umum atau LPJU di sebagian jalan protokol Tanah Grogot, padam sejak Januari 2022 lalu.

TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) yang padam di Jalan Kusuma Bangsa, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur.  TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Sejumlah Lampu Penerangan Jalan Umum atau LPJU di sebagian jalan protokol Tanah Grogot, padam sejak Januari 2022 lalu.

Jalan protokol tersebut meliputi, Jalan Kusuma Bangsa, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Noto Sunardi, Kecamatan Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Rabu (9/3/2022).

Kepala Dinas Perhubungan atau Dishub Paser Inayatullah menyebutkan, padamnya sebagian LPJU itu disebabkan adanya pemasangan lampu hias oleh Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan).

"Adaptornya tidak ada, serta pengaturan yang kurang safety sehingga menyebabkan lampu hias padam dan berdampak pada padamnya LPJU," jelasnya.

Dishub Paser juga telah berkoordinasi dengan Disperkim guna menyelesaikan persoalan tersebut.

Baca juga: Bupati AGM Tersangka KPK, Kini Eks Pejabat Dinas PU di PPU Ditangkap, Diduga Korupsi Anggaran LPJU

Baca juga: LPJU di Jalan Dekat Jembatan Mahulu Samarinda tak Pernah Padam

Baca juga: Pemkot Samarinda Bangun Infrastruktur dengan Skema KPBU, dari LPJU hingga Skytrain Monorail

Rencananya, masalah itu dapat diatasi pada 2 pekan ke depan dengan memasang 70 BH-P Miniature Circuit Breaker (MCB) pada 70 titik LPJU.

"Kami usahakan 1 sampai 2 minggu ini, karena penambahan komponen listrik seperti MCB maupun kabel lainnya harus pada instalasi lampu hias yang disambungkan ke instalasi LPJU," urai Inayatullah.

Sementara, daya listrik pada instalasi LPJU yang mengalami masalah juga variatif. Mulai dari 10.500 watt hingga 16.500 watt, menyesuaikan kondisi lapangan dan jumlah titik lampu yang akan di cover.

Inayatullah beranggapan, dengan padamnya sebagian LPJU tersebut biaya listrik di jalan protokol otomatis akan berkurang.

"Kalau dalam kondisi padam seperti ini, biaya pembayaran listrik ke PLN juga berkurang. Karena LPJU di 3 ruas jalan itu sudah menggunakan meteran," tutur Kadishub Paser. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved