Kemah Jokowi di IKN

Gubernur Sulteng Rudy Mastura Pingsan Usai Ritual Penyatuan Tanah dan Air di IKN Nusantara

Gubernur Sulawesi Tengah, Rudy Mastura pingsan usai proses ritual penyatuan tanah dan air di titik nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara

Penulis: Miftah Aulia Anggraini | Editor: Budi Susilo
Hand Over
Gubernur Sulawesi Tengah, Rudy Mastura pingsan usai proses ritual penyatuan tanah dan air di titik nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Senin (14/3/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Gubernur Sulawesi Tengah, Rudy Mastura pingsan usai proses ritual penyatuan tanah dan air di titik nol Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara di Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Senin (14/3/2022).

Ia dibopong menuju tenda dan dibawa ke ambulans untuk mendapatkan oksigen karena lemas dan kelelahan.

Rupanya tak hanya Rudy Mastura, beberapa Gubernur lain juga mengalami hal serupa. Satu orang di antaranya dibopong dari bawah lokasi titik nol IKN Nusantara ke atas.

Saat prosesi ritual itu berlangsung, memang kondisi cuaca di sekitar kawasan Titik Nol IKN Nusantara cerah, bahkan tergolong sangat terik.

Baca juga: Aksi Menteri PUPR Basuki Bak Fotografer Saat Ritual Penyerahan Tanah dan Air di IKN Nusantara

Baca juga: Penyatuan Tanah dan Air dari Para Gubernur di IKN Nusantara, Presiden Jokowi: Ini Cita-cita Besar

Baca juga: Inti Pusat Pemerintahan IKN Nusantara di Kaltim, Perlu Dekat Pangkalan Udara

Diduga, hai itulah yang membuat Rudi Mastura tak kuat berdiri lama di lokasi.

"Ada satu lagi yang lemas, dibopong dari bawah ke atas," ujar salah satu sumber terpercaya di lokasi Titik Nol IKN Nusantara.

Sebagai informasi, prosesi ritual menyatukan tanah dan air di Titik Nol IKN Nusantara diikuti oleh Gubernur dari 34 provinsi di Indonesia.

Saat dikonfirmasi kepada Juru Bicara Gubernur Kaltim, Kepala Biro Adpim Setdaprov Kaltim Syafranuddin membenarkan kejadian Gubernur Sulteng pingsan.

Namun, kondisinya saat ini sudah membaik usai ditangani tim medis yang ada di lokasi Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Baca juga: Tinggalkan Hotel di Balikpapan, Presiden Jokowi Menuju Titik Nol IKN Nusantara di Sepaku

"Sudah, di sini tim medis lengkap. Alhamdulillah tidak apa-apa," ucapnya.

Sementara itu, saat disinggung mengenai alasan para gubernur tak jadi menggunakan pakaian adat, ia menyebut bahwa kondisi lapangan juga menjadi pertimbangan. 

Selain antisipasi teriknya cuaca, lanjut laki-laki yang kerap disapa Ivan itu, beberapa Gubernur yang sudah berumur juga mesti diperhatikan.

"Di sini kan panas, lalu beberapa gubernur juga dilihat dari umur beliau-beliau. Tadi juga mulainya agak lama, pakaian adat itu pastinya agak berat dengan segala pernak-perniknya jadi dipertimbangkan dan akhirnya tetap gunakan PDH," tandasnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved