Kemah Jokowi di IKN

Ingin Ketemu Jokowi, Warga IKN Ingin Sampaikan Soal Kesulitan Dapatkan Air Bersih

Warga sekitar lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara tampak antusias dengan kedatangan Presiden Joko Widodo.

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Warga sekitar lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara tampak antusias menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo. TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Warga sekitar lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Sepaku, Penajam Paser Utara tampak antusias dengan kedatangan Presiden Joko Widodo.

Mereka mengaku ingin bertemu dan menyampaikan sebuah harapan, agar warga sekitar IKN Nusantara tak ditinggalkan pasca pembangunan.

Namun sangat disayangkan, warga sekitar lokasi IKN Nusantara tak bisa mendekat lantaran akses menuju kawasan titik nol IKN Nusantara yang terbatas.

Mereka hanya bisa menunggu dan memantau dari simpang kawasan Itchi Hutani Manunggal (IHM) atau di depan gerbang menuju lokasi titik nol Ibu Kota Negara Nusantara.

"Pingin sekali bertemu tapi sementara lihat dari jauh dulu. Tapi saya senang, kalau bisa daerah sini dan orang kampung sini ikut dimajukan juga," ujar salah satu warga, Radimin (63), Senin (14/3/2022).

Baca juga: Warga Sepaku Punya Harapan dan Kekhawatiran pada Pemindahan IKN dari Jakarta ke Kaltim

Baca juga: Menteri KLHK Ungkap Presiden Joko Widodo Juga Ingin Rehabilitasi Pohon Sekitar di IKN

Laki-laki yang sehari-harinya berkebun menanam sawit, pisang, dan padi itu memiliki harapan besar terhadap pembangunan IKN Nusantara.

Dengan adanya pembangunan, ia berharap warga di sekitar lokasi IKN Nusantara lebih mudah untuk mendapatkan air bersih.

Sebab, kondisinya saat ini warga sekitar lokasi IKN hanya menggunakan tadah hujan untuk menampung dan mengandalkan air bersih.

"Saya berharap air bisa cepat tersalurkan, kalau tidak ada air kita harus beli tandon. Per tandon harganya Rp 60 ribu, dalam satu bulan kami habiskan Rp 240 ribu hanya untuk air bersih," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi bersama lima gubernur di Pulau Kalimantan diagendakan akan bermalam di lokasi titik nol IKN Nusantara, Senin (14/3/2022).

Baca juga: Aksi Menteri PUPR Basuki Bak Fotografer Saat Ritual Penyerahan Tanah dan Air di IKN Nusantara

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga sudah menggelar ritual Kendi Nusantara bersama 34 gubernur di lokasi tersebut.

Prosesi kendi Nusantara dimulai dengan mengumandangkan lagu kebangsaan Indonesia Raya untuk pertama kalinya di IKN Nusantara.

Kemudian, satu per satu gubernur menyerahkan tanah dan air yang mereka bawa dari provinsi masing-masing.

"Hari ini kita hadir bersama di sini dalam rangka cita-cita besar dan pekerjaan besar yang akan kita mulai, yakni pembangunan IKN Nusantara," ucapnya.

Baca juga: Sebagai Warga IKN, Pemuda Kecamatan Sepaku Harapkan Mereka Dilibatkan dalam Pembagunan

Selain didampingi seluruh gubernur se-Indonesia, Presiden Joko Widodo juga didampingi 15 tokoh masyarakat Kalimantan Timur. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved