Ramadan

PT DLU Ajak Nyadran di Kampung Halaman Gunakan Kapal Laut

Salah satu tradisi yang sering dilakukan oleh masyarakat Jawa dalam menyambut datangnya bulan Ramadan adalah Tradisi Nyadran, yaitu Ziarah kubur

Penulis: Siti Zubaidah | Editor: Martinus Wikan
HO/TRIBUNKALTIM.CO
Salah satu Armada Dharma Lautan Utama saat berlayar. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Ramadan adalah bulan yang dinanti umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia yang dimana masyarakatnya mayoritas beragama Islam.

Di kala pandemi saat ini, sebagai seorang Muslim tentunya kita tetap menyambut bulan penuh rahmat dengan melakukan amalan-amalan dan tradisi khas menjelang bulan Ramadan secara meriah dan suka cita.

Salah satu tradisi yang sering dilakukan oleh masyarakat Jawa dalam menyambut datangnya bulan Ramadan adalah Tradisi Nyadran, yaitu Ziarah kubur jelang puasa Ramadan ke makam orang tua atau keluarga yang telah meninggal, pembersihan makam, tabur bunga dan membaca doa.

Tradisi–tradisi menyambut Ramadan ini sudah ada sejak dulu dan masih terpelihara sampai dengan sekarang dan ditemui di hampir seluruh penjuru tanah air, berikut beberapa tradisi unik dalam rangka menyambut dan memeriahkan kedatangan bulan puasa Ramadan yang hanya ditemui di Indonesia, dimana biasanya yang sudah merantau jauh dari kampung halaman ingin pulang untuk menikmati kembali tradisi – tradisi unik menyambut ramadan.

Jelang bulan ramadan biasanya masyarakat yang berada di luar Jawa akan memanfaatkan waktunya untuk pulang ke kampung halaman, terutama di Pulau Jawa, guna bersilahturahmi, berpuasa bersama keluarga hingga merayakan hari Idul Fitri bersama & berkumpul dengan keluarga tercinta.

Masyarakat manfaatkan waktu untuk berkumpul dengan keluarga lebih awal, guna menyambut ramadan dengan kembali ke kampung halaman bersama dengan keluarga, saudara, teman dan orang yang kita sayangi.

Bagi yang memiliki kendaraan dapat menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil, untuk pergi ke kampung halaman.

Banyak manfaat yang didapatkan jika anda melakukan perjalanan lebih awal, yakni tidak berkumpul di suatu waktu dan tempat secara bersamaan (berdesak-desakan), mengingat saat ini masih terjadi pandemic, lebih cepat berkumpul dengan keluarga, lebih mudah mendapatkan tiket transportasi perjalanan, Efisien waktu & biaya

Sedangkan manfaat membawa kendaraan sendiri yaitu tidak perlu bingung mencari transportasi lanjutan, dapat digunakan untuk sarana transportasi keluarga dengan bepergian mengunjungi sanak saudara, bepergian ke tempat wisata, dan menjadi kebanggaan hasil bekerja selama di luar pulau.

Bepergian di suasana pandemi saat ini tidak perlu khawatir, karena seluruh armada kapal PT. Dharma Lautan Utama telah memenuhi persyaratan untuk melayani transportasi anda, karena selain untuk pelanggan kami juga menjamin kesehatan seluruh karyawan kami dengan selalu menjalankan Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid-19 serta seluruh karyawan kami telah di vaksin covid19

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved