Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Pemkab Intens Realisasikan Bantuan untuk Nelayan, Kukar Miliki Hilirisasi Produk Perikanan pada 2023

Pemkab Kutai Kartanera (Kukar) melalui visi misi Kukar Idaman (Inovatif, Berdaya Saing dan Mandiri) terus berupaya meningkatkan pertanian dalam arti

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin saat menyerahkan bantuan usaha perikanan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Pemkab Kutai Kartanera (Kukar) melalui visi misi Kukar Idaman (Inovatif, Berdaya Saing dan Mandiri) terus berupaya meningkatkan pertanian dalam arti luas, termasuk di dalamnya usaha perikanan baik tangkap maupun budi daya.

"Salah satu upaya untuk peningkatan usaha perikanan yakni merealisasikan bantuan untuk 25 ribu nelayan produktif. Ini terus dilaksanakan sejak tahun 2021 tadi," ujar Wakil Bupati (Wabup) Kukar Rendi Solihin, baru-baru ini.

Baca juga: Bupati Kukar Edi Damansyah Minta BPD Bekerja Berbasis Data Akurat

Rendi mengatakan, bantuan yang diberikan untuk nelayan yakni peralatan tangkap/budi daya, di antaranya mesin perahu/kapal, bibit atau benur untuk area tambak dan lain sebagainya.

Rendi mengatakan, pada tahun 2023 diharapkan Kukar memiliki hilirisasi produk perikanan, sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan nelayan Kukar.

Seperti diketahui melalui studi, kata Rendi, hasil perikanan Kukar kurang lebih mencapai Rp 1 triliun per tahun.

"Itu baru dari hasil laut di pesisir Kukar, yang selama ini dikirim ke kota-kota besar yang ada di Kaltim. Itu angka yang sangat besar untuk membangkitkan perekonomian Kukar," ungkapnya.

Baca juga: Edi-Rendi Percepat Realisasi Kukar Idaman, Fokus Interkoneksi Infrastruktur Jalan hingga SDM

Untuk itu, lanjut Rendi, pihaknya akan berupaya membuat hasil dari nelayan Kukar dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk masyarakat, yang menimbulkan multiplier efect dari hasil perikanan Kukar untuk kesejahteraan masyarakat Kukar. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved