Berita Internasional Terkini

Presiden Rusia Vladimir Putin Konfirmasi Bakal Datang ke KTT G20 Indonesia

Presiden Rusia Vladimir Putin bermaksud untuk menghadiri KTT G20 yang diselenggarakan oleh Indonesia akhir tahun ini

Editor: Budi Susilo
Alexey NIKOLSKY / SPUTNIK / AFP
Presiden Rusia Vladimir Putin bermaksud untuk menghadiri KTT G20 yang diselenggarakan oleh Indonesia akhir tahun ini. 

TRIBUNKALTIM.CO - Belakangan ini, pemberitaan mengenai hubungan Rusia dan Ukraina memanas. Dari kubu Rusia melakukan serangan militer ke negara Ukraina.

Seperti diketahui, peperangan antara Rusia dan Ukraina masih terus terjadi.

Kabar terbaru, pasukan Rusia kian meningkatkan serangan ke Ibu Kota Ukraina Kyiv dan menyebabkan jumlah korban warga sipil Ukraina terus meningkat.

Serangan Rusia yang dilancarkan sejak 24 Februari 2022 ini menyebabkan beberapa negara menerapkan sanksi ekonomi terhadap negara tersebut.

Di tengah konflik yang membara tersebut, kabarnya, nantinya pada agenda ke depan, Presiden Rusia Vladimir Putin bermaksud untuk menghadiri KTT G20 yang diselenggarakan oleh Indonesia akhir tahun ini.

Duta Besar Rusia di Jakarta mengatakan pada hari Rabu, menyusul seruan oleh beberapa anggota agar negara tersebut dilarang dari kelompok tersebut.

Tidak hanya G20, banyak organisasi mencoba untuk mengusir Rusia.... reaksi Barat benar-benar tidak proporsional,” kata duta besar Lyudmila Vorobieva pada konferensi pers pada hari Rabu.

Untuk berita utama terbaru, ikuti saluran Google Berita kami secara online atau melalui aplikasi.

Baca juga: RI Jadi Tuan Rumah KTT G20, Menteri BUMN Pastikan Keandalan Suplai Listrik di Bali

Baca juga: NEWS VIDEO Tukar dengan India, Indonesia Jadi Tuan Rumah KTT G20 di 2022

Baca juga: NEWS VIDEO Volodymyr Zelensky Desak Pembicaraan Langsung Dengan Vladimir Putin

Amerika Serikat dan sekutu Baratnya sedang menilai apakah Rusia harus tetap berada dalam kelompok ekonomi utama Kelompok Dua Puluh (G20) setelah invasinya ke Ukraina, sumber yang terlibat dalam diskusi mengatakan kepada Reuters.

Sebelumnya diberitakan Kompas.com, pakar menilai Indonesia sebagai presidensi tetap akan mengundang Presiden Rusia Vladimir Putin dalam forum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 30 sampai 31 Oktober 2022 mendatang.

Hal tersebut terlepas dari aksi boikot yang mungkin bakal dilakukan oleh beberapa negara anggota G20 yang telah menyatakan sikap mereka terhadap aksi Rusia.

"Seperti apa dampak keterlibatan Rusia di G20 dan bagaimana kalau sebagian besar negara G20 memboikot keterlibatan Rusia? Indonesia tidak akan inisiatif dan mengeluarkan Rusia di G20," kata pengamat hubungan internasional dari Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Yulius Purwadi Hermawan dalam webinar, Selasa (15/3/2022).

Baca juga: Ditengah Invasi Ukraina, Presiden Rusia Vladimir Putin Muncul ke Publik Kenakan Outfit Mahal 

Setidaknya, sebanyak sembilan negara G20 telah menjatuhkan sanksi ke Ukraina.

Kesembilan negara anggota G20 tersebut yakni Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Jepang, Australia, Singapura, Perancis, Kanada, dan Korea Selatan.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved