Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Kukar Punya Aplikasi 'Di Masjid', Bupati: Upaya Menyejahterakan Warga di Sekitar Masjid

Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meluncurkan aplikasi Data Informasi Masyarakat Sekitar Masjid atau "Di Masjid" yang diprakarsai oleh

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Peluncuran aplikasi "Di Masjid" ditandai dengan penyerahan dokumen aplikasi dari Bupati Kukar Edi Damansyah kepada Ketua Takmir Masjid Nurul Huda, dirangkai penyerahan bantuan sembako, Senin (21/3/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah meluncurkan aplikasi Data Informasi Masyarakat Sekitar Masjid atau "Di Masjid" yang diprakarsai oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kukar, Senin (21/3/2022), pada safari subuh Pemkab Kukar di Masjid Nurul Huda, Desa Teratak, Kecamatan Muara Kaman.

Peluncuran aplikasi tersebut ditandai dengan penyerahan dokumen aplikasi "Di Masjid" oleh Bupati Edi Damansyah kepada Ketua Takmir Masjid Nurul Huda M Fathul Jawat, disaksikan Sekda Kukar H Sunggono, Ketua DMI Kukar H Muhammad Bisyron, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kukar KH Abdul Hanan, Camat Muara Kaman Barliang serta para jamaah yang hadir.

Baca juga: Pemkab Peduli Seni Budaya dan Ekonomi Kreatif, Maksimalkan Kukar Kaya Festival

Ketua DMI Kukar H Muhammad Bisyron mengatakan, aplikasi tersebut merupakan penerjemahan dari keinginan Bupati Edi Damansyah agar setiap masjid di Kukar memiliki data yang valid terhadap kesejahteraan sosial masyarakat yang ada di sekitarnya.

Melalui aplikasi "Di Masjid", data yang terdapat di dalamnya berdasarkan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kukar, khususnya pada level Desil Satu (rumah tangga dalam kelompok 10 persen terendah) dan Desil Dua (rumah tangga dalam kelompok antara 10-20 persen terendah).

Ditambahkan Bisyron, pada pelaksanaannya aplikasi tersebut akan dikoordinasikan dengan DKM, dengan harapannya memacu DKM di Kukar bisa lebih peduli lagi kepada masyarakat di sekitar Masjid.

Baca juga: Juara Olimpiade Sains Biologi dan IPA Nasional, Bupati Beri Penghargaan Siswa Asal Sebulu

Sementara itu, Bupati Edi Damansyah mengapresiasi peran DMI Kukar dalam menerjemahkan keinginannya berkaitan dengan pembinaan dan pemberdayaan warga di sekitar masjid melalui aplikasi "Di Masjid" yang telah berbasis pada teknologi informasi (IT).

Berkaitan dengan aplikasi tersebut, Bupati Edi berpesan kepada unsur kecamatan, desa serta Takmir Masjid untuk mengelola dengan baik.

Untuk diketahui, safari subuh Pemkab Kukar tersebut diakhiri dengan menyerahkan bantuan sembako kepada warga masyarakat prasejahtera dan lansia di sekitar Masjid Nurul Huda Desa Teratak. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved