News Video

NEWS VIDEO Warga Terperangkap di Mariupol yang Dikepung Militer Rusia, Kondisinya Memprihatinkan

Wali Kota Mariupol Vadym Boichenko mengatakan sekitar 160.000 warga sipil terperangkap di kota yang kini sedang dikepung militer Rusia.

Editor: Sandrio

TRIBUNKALTIM.CO - Wali Kota Mariupol Vadym Boichenko mengatakan sekitar 160.000 warga sipil terperangkap di kota yang kini sedang dikepung militer Rusia.

Mereka menangis meminta pertolongan untuk segera diselamatkan.

"Sayangnya, ada cukup banyak warga sipil yang tersisa di kota Mariupol yang terkepung. Menurut perkiraan kami, sekitar 160.000 orang tinggal di Mariupol yang tidak cocok untuk dihuni saat ini," kata Boichenko.

Lanjut dia, saat ini di Kota Mariupol tidak tersedia air, listrik, komunikasi dan sebagainya.

"Karena tidak ada air, tidak ada listrik, tidak ada pemanas, tidak ada komunikasi, ini benar-benar mengerikan. Ini penghinaan yang dihadapi setiap penduduk Mariupol hari ini karena pendudukan Rusia tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata," katanya.

Dikutip dari laman Ukrinform, Senin (28/3/2022), ia menegaskan bahwa warga Mariupol perlu dievakuasi dan harapan ini tidak pernah pupus.

"Kami hidup dengan harapan ini. Sekarang misalnya, 26 bus sedang menunggu untuk bisa pergi ke Mariupol demi tujuan evakuasi. Namun sayangnya, hari ini tidak ada keputusan yang diambil untuk memindahkan mereka," katanya.

"Di bawah ancaman tembakan, pengemudi heroik kami berusaha untuk sampai ke tempat-tempat di mana penduduk Mariupol mungkin menunggu, dan mereka menunggu dengan harapan bahwa mereka akan memiliki kesempatan seperti itu. Namun tidak semuanya berada dalam kendali kami. Sayangnya, kami sekarang berada di tangan para penjajah (Rusia) di sini," tegas Boichenko.

Seperti mayoritas warga Ukraina, Boichenko mengatakan harapannya bahwa rekan dan mitra Eropa akan membantu mengatur evakuasi warga sipil dari Mariupol.

Perlu diketahui, agresi Rusia telah menyebabkan bencana kemanusiaan di Mariupol.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved