Berita Balikpapan Terkini

Babul Ilmi MTs Negeri 1 Balikpapan Gelar Lomba Kreativitas Cover Buku dan Yel-yel Literasi

Budaya literasi di madrasah merupakan tantangan terbesar bagi pendidik saat ini. Pasalnya,  buku bukanlah suatu hal menarik lagi  bagi peserta didik.

Editor: Sumarsono
HO
Kepala MTs Negeri 1 Balikpapan Ai Rohaniah,S.Ag didampingi Kepala Perpustakaan Umi Putri Ibalia membuka lomba literasi pembuatan cover buku dan yel-yel ajakan literasi. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Budaya literasi telah lama diterapkan oleh MTs Negeri 1 Balikpapan melalui Perpustakaan Babul Ilmi sebagai penggerak utama  yang selalu  memrogramkan kegiatan literasi, mulai program koinku, pojok baca hingga perpus digital.

Budaya literasi di madrasah merupakan tantangan terbesar bagi pendidik saat ini. Pasalnya,  buku bukanlah suatu hal menarik lagi  bagi peserta didik, melainkan gadget dan televisi.

Sementara itu, gadget dan televisi tidak dapat menjadi literatur dalam budaya literasi, karena televisi dan dunia medsos tidak dapat meningkatkan kebermaknaan dalam pembelajaran.

Oleh karena itu, perlu langkah yang tepat untuk menyentuh agar kegiatan literasi  ini mampu membudaya di lingkungan madrasah.

Baca juga: Tangis Haru Menandai Lulusan Tahfidz II MTs N 1 Balikpapan, Roihanun: Teruslah Jadi Penghafal Quran

Perpustakaan Babul Ilmi MTs Negeri 1 Balikpapan pada miladnya yang ke- 35 tahun mengajak  siswa-siswi madrasah peduli pada literasi  dan digital dalam berkarya, mengembangkan kapasitas diri menjadi kreatif, inovatif serta mencintai perpustakaan.

Meningkatkan berbudaya baca, Perpustakaan Babul Ilmi menggelar lomba literasi pembuatan cover buku dan yel-yel ajakan literasi.
Meningkatkan berbudaya baca, Perpustakaan Babul Ilmi menggelar lomba literasi pembuatan cover buku dan yel-yel ajakan literasi. (HO)

Selain itu perpustakaan sebagai wahana belajar sepanjang hayat dalam mengembangkan potensi anak didik agar menjadi manusia yang bertaqwa, berakhlak mulia, berilmu, terampil,  kreatif, dan mandiri.

Untuk itu, mengupayakan mewujudkan bangsa yang berbudaya baca, maka Perpustakaan Babul Ilmi menggelar lomba literasi dengan tema ”Berkreasi, Berliterasi Bersama Babul Ilmi”.

Lomba meliputi pembuatan cover buku dan yel-yel ajakan literasi.

Baca juga: Perpustakaan MTs N 1 Balikpapan Wakili SMP Se Kota Balikpapan Ikut Akreditasi Perpustakaan

Manfaat kompetisi ini adalah memotivasi siswa/i  yang hasilnya akan dijadikan icon cover buku karya tulis madrasah sebagai bentuk kreasi, literasi bersama Babul Ilmi..

Kegiatan berlangsung di aula madrasah dimulai tanggal 28 hingga 29 Maret 2022  dikuti 54  peserta.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved