Gubernur Kaltim Harap Gedung Pelayanan Kanker Terpadu Bisa jadi Pusat Pelayanan Radioterapi

Gubernur Kalimantan Timur baru saja meresmikan Gedung Lavender sebagai Gedung Pelayanan Kanker Terpadu di RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo (RSKD),

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Gubernur Kaltim Isran Noor mengunjungi salah satu pasien kanker di Gedung Lavender RSKD Balikpapan. TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Gubernur Kalimantan Timur baru saja meresmikan Gedung Lavender sebagai Gedung Pelayanan Kanker Terpadu di RSUD dr. Kanujoso Djatiwibowo (RSKD) pada Kamis, (31/03/2022).

Selain itu, gedung ini merupakan gedung yang memiliki fasilitas mesin Linac yang merupakan mesin pelayanan radioterapi satu-satunya di Balikpapan.

Gedung ini juga diharapkan dapat menjadi gedung pelayanan kanker terpadu yang dapat dimanfaatkan bagi seluruh masyarakat Kalimantan Timur dan sekitarnya.

"Dilengkapi dengan peralatan dan SDM yang menurut saya sangat handal yang dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di Kaltim yang ada di Balikpapan dan sekitarnya," ungkap Gubernur Kaltim, Isran Noor.

"Bahkan memberikan pelayanan pada masyarakat Indonesia yang lain khususnya Indonesia Timur," tambahnya.

Baca juga: Gedung Lavender RSKD Balikpapan Punya 2 Mesin Linac untuk Layanan Radioterapi

Baca juga: Beginilah Strategi RSKD Balikpapan Jika Kasus Covid-19 Terus Naik dan Terjadi Overload

Baca juga: RSKD Balikpapan Resmikan Fasilitas One Day Care untuk Anak-anak Penderita Kanker Darah

Ia pun sempat mengunjungi pasien-pasien yang berada di Gedung Lavender tersebut.

Isran menjelaskan bahwa ada pasien yang berasal dari Sulawesi Selatan.

Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia pun sudah tahu bahwa RSKD Balikpapan menyediakan pelayanan kanker terpadu.

"Sebelumnya, kita harus mengirimkan pasien-pasien tersebut ke Pulau Jawa, namun sekarang karena sudah ada fasilitas yang memadai disini," pungkasnya.

"Sekarang disini saja sudah cukup," lanjutnya.

Baca juga: Pasien Lebihi Batas, RSKD Balikpapan Terapkan Sistem Buka Tutup IRD

Ia juga menyebut, keberadaan Ibu Kota Negara di Kaltim juga harus didorong dengan fasilitas kesehatan yang memadai.

"Tidak ada pilihan lain, kita harus mempersiapkan diri dan mengembangkan diri dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat luas," tuturnya. (Mohammad Fairoussaniy/ADV/Kominfo Kaltim)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved