Ramadhan

Sudah 20 Tahun, Pasar Ramadhan Depan Masjid Agung Baiturrahim Barong Tongkok Kubar tak Pernah Sepi

Pasar Ramadhan depan Masjid Agung Baiturrahman Jl. Gajah Mada Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat sudah berjalan kurang lebih 20 tahun

Penulis: Zainul | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL
Pasar Ramadhan di depan Masjid Agung Baiturrahman Jl. Gajah Mada, Kecamatan Barong Tongkok, Kutai Barat setiap tahun selalu ramai dan menyediakan berbagai jenis menu berbuka puasa. TRIBUNKALTIM.CO/ZAINUL 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR  - Pasar Ramadhan depan Masjid Agung Baiturrahman Jl. Gajah Mada Kecamatan Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat sudah berjalan kurang lebih 20 tahun.

Sejak awal dibentuknya oleh panitia pengurus masjid, Pasar Ramadhan tersebut tak pernah sepi dari kunjungan masyarakat yang berburu takjil atau menu berbuka puasa.

Pengurus masjid dan Ikatan Remaja Masjid (Irma) Masjid Agung Baiturrahim Barong Tongkok selalu menyediakan tempat untuk para pedagang Taj'il, atau jajanan asli Kubar guna membantu masyarakat yang menjalanan ibadah puasa.

Antusiasme masyarakat baik yang muslim maupun non muslim pun ikut berbelanja buat berbuka puasa bagi yang menjalankan, dan setiap harinya Pasar Ramadhan tersebut selalu dipadati pengunjung sehabis pulang kantor.

Mohamad Rivaldi, salah satu pengurus Masjid Agung Baiturrahim mengatakan sejak hari pertama hingga memasuki hari ke dua puasa pada Senin (4/4/2022) Pasar Ramadhan ini mulai ramai dikunjungi.

Baca juga: 25 Personel Dishub Samarinda Ditugaskan Atur Lalulintas di Pasar Ramadhan di GOR Segiri

Baca juga: Mau Cari Menu Takjil untuk Berbuka, Berikut Rekomendasi Pasar Ramadhan di Tenggarong Kukar

Baca juga: Pasar Ramadhan di GOR Segiri Terapkan Prokes Ketat, Disporapar Lakukan Perubahan di Pintu Masuk

"Setiap tahun kita selalu menyediakan tempat untuk penjual ta'jil buka puasa. Tujuan untuk membantu saudara-saudara muslim yang lagi menjalankan ibadah puasa, mereka bekerja di kantor dan tidak sempat masak di rumah," katanya, (4/4/2022).

"Kita menyediakan tempat untuk Pasar Ramadhan ini sudah cukup lama. Kalau tidak salah mungkin sudah 20 tahunan dan itu selalu ramai," lanjutnya.

Ia menuturkan, bahwa di Barong Tongkok ini mayoritas masyarakatnya pegawai, dan yang jelas mereka tidak sempat memasak untuk keluarganya di rumah, maka dari itu pengurus dan anggota Irma Masjid Baiturrahim setiap tahun menjelang bulan suci Ramadhan selalu menyiapkan tempat untuk para pedagang ta'jil guna membantu saudara yang menjalankan ibadah puasa.

Adapun jumlah infak yang dibayar setiap pedagang juga sangat terjangkau yakni Rp 350 ribu/orang.

“Kami pengurus masjid mendapat infaq dari pedangang hanya Rp 350 ribu per-orang selama satu bulan,”jelasnya.

Baca juga: 30 Loyang Kue Talam Ludes Terjual pada Hari Pertama Pasar Ramadhan di GOR Segiri Samarinda

Uang hasil infaq dari pedagang tersebut kata Rivaldi semuanya masuk ke kas masjid, dan untuk keperluan seperti tarup, meja untuk jualan pedagang, itu semua disiapkan dari uang kas infaq dari para pedangang itu juga.

“Melihat antusias masyarakat yang berbelanja, baik yang muslim maupun non muslim kami sangat bangga sekali menyambut bulan suci Ramadhan ini,” pungkasnya.

Pasar Ramadhan di depan Masjid Agung Baiturrahim ini mulai dipadati pedagang sejak pukul 15:00 WITA. Di sana para pedagang menyediakan berbagai jenis hidangan untuk santapan buka puasa. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved