Ramadhan

Jelang Mudik, Dinas Perhubungan Penajam Paser Utara Gelar Pemeriksaan Kelayakan Kendaraan

Menjelang mudik lebaran tahun 2022, Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) bakal melakukan pengecekan kelayakan kendaraan.

Penulis: Nita Rahayu | Editor: Mathias Masan Ola
TRIBUNKALTIM.CO/NITA RAHAYU
Kadishub PPU Ahmad bakal gelar pengecekan kelayakan kendaraan menjelang mudik lebaran, Selasa (19/4/2022). TRIBUNKALTIM.CO/NITA RAHAYU 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Menjelang mudik lebaran tahun 2022, Dinas Perhubungan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) bakal melakukan pengecekan kelayakan kendaraan.

Giat tersebut bakal berlangsung tujuh hari sebelum dan tujuh hari sesudah lebaran, dengan mendirikan posko-posko pengecekan di beberapa titik.

Kepala Dinas Perhubungan atau Dishub PPU Ahmad mengatakan, posko pengecekan tersebut di antaranya bakal berada di pelabuhan Penajam dan di kelurahan Petung.

"Menjaga persiapan posko angkutan lebaran, posko terpadu di area pelabuhan ASDP dan di Petung, akan ada beberapa posko nantinya, di pelabuhan batu juga perlu itu," ungkapnya Selasa (19/4/2022).

Dalam posko itu nanti tidak hanya pengecekan kelayakan kendaraan seperti pemeriksaan ban, lampu dan muatan antisipasi jika ada yang Over Dimension Over Load (Odol), tetapi juga bakal bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk pengecekan kesehatan sopir dan penumpang.

Baca juga: Dituding Pungli, Dishub PPU Larang Motor Besar Nyeberang di Pelabuhan Klotok Penajam

Baca juga: Kapan Lebaran Idul Fitri 2022? Muhammadiyah Tetapkan Senin 2 Mei, MUI: Berpotensi Dirayakan Serentak

Baca juga: Syarat Mudik Lebaran 2022 untuk Penumpang Pesawat, Simak Aturannya

"Nanti akan ada pengecekan kesehatan sopir atau penumpang, untuk mengantisipasi ada penumpang yang memerlukan obat-obatan, jadi tenaga medis harus ada di sana," tambahnya.

Selain itu, juga akan bekerjasama dengan pihak kepolisian, untuk pengecekan barang angkutan antisipasi apabila ada yang menyelundupkan barang-barang terlarang seperti narkoba dan senjata tajam.

"Juga akan ada pemeriksaan kendaraan, menjaga kemungkinan adanya kelebihan over load, serta gerakan untuk mengantisipasi ada kendaraan tidak layak, atau kejahatan-kejahatan yang mungkin terjadi, seperti kegiatan penyimpangan narkoba, sopir ugal- ugalan, lampu dan ban kendaraan," pungkasnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved