Berita Kutim Terkini

Rencana Bangun Kantor Datasemen PM Angkatan Laut, Lanal Sangatta Dapat Lahan 0,4 Hektar

Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) memberikan hibah barang milik daerah berupa lahan kepada Lanal Sangatta di Kabupaten Kutai Timur,

Penulis: Syifaul Mirfaqo | Editor: Budi Susilo
HO/PEMKAB KUTIM
Foto bersama penyerahan hibah lahan seluar 0,4 hektar dari Pemkab Kutim kepada Lanal Sangatta untuk pembangunan Kantor Datasemen PM Angkatan Laut di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur.  

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) memberikan hibah barang milik daerah berupa lahan kepada Lanal Sangatta di Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur.

Lahan seluas 4000 meter persegi yang beralamat di jalan AW Syahrani (Kanal 3), Kecamatan Sangatta Utara, dihibahkan untuk membangun Kantor Datasemen Polisi Militer (PM) Angkatan Laut.

Pemberian hibah tanah ini sebagai tindaklanjut dari permohonan Komandan Lanal Sangatta guna menunjang tugas dan fungsi Polisi Militer Angkatan Laut (POMAL) Pangkalan TNI AL Sangatta khususnya di wilayah kerja Kabupaten Kutai Timur.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman menyampaikan alasan mengapa lahan untuk Mako Lanal berasal dari hibah yang diberikan Pemkab Kutim.

Baca juga: Punya Dua Pelabuhan Laut, Bupati Kutai Timur Inginkan Lanal Sangatta Naik Status

Baca juga: Dialokasikan Lewat DBH Dana Reboisasi, BPBD Kutim Serahkan Bantuan Mobil Patroli ke Lanal Sangatta

Baca juga: NEWS VIDEO Nekat Pakai Bom Ikan, Tujuh Nelayan asal Balikpapan Diciduk Lanal Sangatta

"Karena beberapa kegiatan dari pusat ingin masuk, dan salah satu persyaratannya harus dimiliki sendiri," ujarnya usai penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah.

Entah itu nanti sumbernya dari APBN atau dari Angkatan Laut, Lanal Sangatta diharuskan memiliki lahan sendiri.

Menindaklanjuti permintaan ini, Pemkab Kutim memberikan lahan dalam bentuk hibah seluas 0,4 hektar untuk Lanal Sangatta.

"Oleh karena itu, kita mencoba menyikapi dengan menghibahkan lahan kepada Lanal,” ujar orang nomor satu di Kutim tersebut.

Baca juga: NEWS VIDEO Lanal Sangatta Patroli Sekaligus Sebar Brosur Pencegahan Covid 19

Pemberian hibah tanah ini juga sebagai bentuk dukungan Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Pusat, khususnya TNI Angkatan Laut.

Mengingat salah satu tugas penting TNI AL memiliki dampak yang besar terhadap daerah, yakni memberikan rasa aman bagi rakyat Indonesia dan menjaga keamanan perairan serta kelautan khususnya di wilayah Kutim.

Di kesempatan yang sama, Danlanal Sangatta I Komang Nurhadi mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Kutim.

Kapal Angkatan Laut (KAL) Kudungga yang menjadi salah satu armada Lanal Sangatta untuk meningkatkan pengawasan di perairan Kutai Timur
Kapal Angkatan Laut (KAL) Kudungga yang menjadi salah satu armada Lanal Sangatta untuk meningkatkan pengawasan di perairan Kutai Timur.

Sebab sudah mendukung Lanal Sangatta atau TNI Angkatan Laut dalam proses pelaksanaan pembangunan Kantor PM AL.

“Saya yakin keberadaan lahan kantor PM yang sudah diserahkan itu bisa kita tindaklanjuti untuk diajukan ke Pusat," ujarnya.

Baca juga: Kunjungi Lanal Sangatta, Kapolda Kaltim Irjen Pol Herry Rudolf Nahak Berikan Komputer

Tentu saja, lanjut Komang, apabila pihaknya sudah memiliki sertifikat lahan.

Dan tidak ada persoalan di lapangan, pasti Pusat akan memberikan dukungan dan pembangunan Kantor Datasemen PM Angkatan Laut akan disegerakan. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved