Otomotif

Ada yang di Kiri dan Kanan, Inilah Alasan Posisi Tutup Tangki BBM Mobil Berbeda-beda

Tahukah Anda, letak tangki dan tutup tangki bahan bakar minyak (BBM) pada mobil memiliki posisi yang berbeda-beda loh!

Editor: Diah Anggraeni
TRIBUNKALTIM.CO/NEVRIANTO HARDI PRASETYO
Inilah alasan posisi tutup tangki BBM mobli berbeda-beda, ada yang di kiri dan kanan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Tahukah Anda, letak tangki dan tutup tangki bahan bakar minyak (BBM) pada mobil memiliki posisi yang berbeda-beda loh!

Ada yang menempatkan tutup tangki BBM di sebelah kiri, ada juga yang menaruh di sebelah kanan.

Lantas, apa alasan posisi tutup tangki BBM tiap mobil tidak sama?

Baca juga: Tahukah Anda, Ternyata Segini Loh BBM Dalam Tangki Mobil Baru

Menjawab pertanyaan tersebut, Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberikan penjelasannya.

Menurut Bambang, peletakan tutup tangki BBM mobil baik di kanan atau kiri sejatinya tidak ada regulasi khusus yang mengatur, dan diserahkan sepenuhnya kepada pembuat mobil.

Kendati demikian, ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan akan ditaruh di mana posisi tutup tangki BBM pada mobil.

"Penentuan kanan dan kiri ini ditentukan dari pembuatan layout mobil, mulai dari penggeraknya depan atau belakang, transmisinya, bobotnya, hingga posisi mufflernya," kata Bambang kepada GridOto.com, Kamis (21/4/2022).

Baca juga: Berapa Sisa Bensin di Tangki saat Indikator pada Speedometer Berkedip? Ternyata Segini Loh

Bambang menjelaskan, desain layout tersebut nantinya akan berpengaruh terhadap center of gravity agar titik berat mobil menjadi seimbang secara keseluruhan.

"Setiap komponen kan punya bobot yang berbeda-beda, oleh karena itu penempatan suatu komponen menjadi faktor penting agar mobil dapat seimbang," terang Bambang.

Pertimbangan lainnya, untuk alasan keselamatan posisi tutup tangki biasanya berlawanan dengan posisi muffler guna menghindari hawa panas.

"Misalnya muffler di kiri, sebisa mungkin tutup tangki BBM akan ditaruh di kanan. Tapi kalaupun sama-sama di kiri maka akan ada proteksi tambahan antara tangki dan muffler," pungkas Bambang.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Akhirnya Bisa Tidur Nyenyak, Ini Alasan Posisi Tutup Tangki BBM Mobil Ada yang di Kiri dan di Kanan, https://www.gridoto.com/read/223248032/akhirnya-bisa-tidur-nyenyak-ini-alasan-posisi-tutup-tangki-bbm-mobil-ada-yang-di-kiri-dan-di-kanan.

Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved