Berita Pemkab Mahakam Ulu

Hadiri Rakor Perumusan Penyelesaian Batas Daerah, Bupati Tanda Tangani Kesepakatan

Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH.,MM didampingi Sekretaris Daerah Dr. Stephanus Madang, S.Sos., M.M., menghadiri Rapat

Editor: Diah Anggraeni
HO/Humas Pemkab Mahulu
Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh didampingi Sekda Stephanus Madang menghadiri Rakor Pusat dan Daerah Perumusan Rekomedasi Penyelesaian Batas Daerah di Win Plaza Hotel, Jakarta Pusat, Selasa (19/4/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh, SH.,MM didampingi Sekretaris Daerah Dr. Stephanus Madang, S.Sos., M.M., menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pusat dan Daerah Perumusan Rekomedasi Penyelesaian Batas Daerah, di Win Plaza Hotel Jakarta Pusat, Selasa (19/4/2022).

Acara ini digelar oleh Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri.

Turut hadir Direktur Toponimi dan Batas Daerah Sugiarto, SE,.M.Si, Kasubdit batas antar daerah wilayah II dan Analis kebijakan ahli madya Teguh subarto, S.Sos, MM, Kasi batas antar daerah wilayah II dan Analis kebijakan ahli muda Ardi Eko Wijoyo, ST.

Baca juga: Terkait Penambahan Dokter di RSP GSM, Ini Kata Wabup Mahulu

Permasalahan tapal batas merupakan masalah yang sangat kompleks dan akan selalu menimbulkan konflik apabila tidak ditangani secara baik, karena itu telah beberapa kali Pemkab Mahulu menghadiri upaya penyelesaiannya.

Hingga akhirnya permasalahan tapal batas daerah antara Kalimantan Timur dengan Kalimantan Tengah difasilitasi Kemendagri, memverifikasi dan dilakukan pengkajian penentuan titik-titik koordinat pilar batas daerah terkhususnya wilayah Kabupaten Mahulu dengan Kabupaten Barito Utara dan Kabupaten Murung Raya.

Bupati Bonifasius Belawan mengatakan, untuk tata batas dengan Kabupaten Barito Utara dan Kabupaten Murung Raya sudah tidak jadi masalah, karena dalam pertemuan terakhir di Banjarmasin, garis batas wilayah Mahulu telah selaras dan sesuai dengan kajian dari tim penyelesaian batas Kemendagri serta Badan Informasi Geospasial.

"Hal ini sudah mewakili hal yang tertuang dalam Permendagri Nomor 76 tahun 2012 tentang pedoman penegasan batas daerah, dan desuai dengan tampilan garis batas yang kita lihat pada kesempatan ini, dan kami menyatakan menyetujuinya,” jelas Bupati

Baca juga: Wabup Mahulu Sidak Pelayanan Kesehatan RSP GSM, Janjikan Suplai Air Bersih dari PMK dan Trantib

Ditambahkan Sekda Stephanus Madang, kegiatan ini merupakan rapat final untuk persiapan rancangan Peraturan Mendagri dalam rangka penetapan tata batas yang pada akhirnya menghormati apa yang akan menjadi keputusan Kemendagri dengan mempelajari berbagai latar belakang masing-masing daerah.

"Berdasarkan aturan, bilamana tidak bisa diselesaikan secara parsial antarprovinsi maka Mendagri akan menyelesaikan. Dan berdasarkan kajian dari Pemkab Mahulu telah sejalan dengan kajian dari Kemendagri dan Badan Informasi Geospasial, jadi kita telah konsisten dengan itu," kata sekda

Selanjutanya, Bupati Mahulu juga menandatangani Berita Acara Kesepakatan dengan Kabupaten Barito Utara yang dihadiri oleh Bupati H. Nadalsyah, dan Kabupaten Murung Raya yang dihadiri oleh Asisten Bidang Pemerintahaan dan Kesra Serampang, serta Direktur Toponimi dan Batas Daerah Kemendagri Sugiarto, SE,.M.Si.

Baca juga: Percepat Konektivitas Listrik di Mahulu, Bupati Bonifasius Temui GM PLN Kaltimra

Hadir pula Bupati Paser dr Fahmi Fadli, Asisten I Pemeritahan dan Kesra Kutai Barat F Syaidirahman, S.Sos., M.M. Kepala Bagian Pemerintahan Biro Pemerintahan dan Otda Setda Provinsi Kalimantan Timur, Peneliti Ahli Pertama BRIN, Kepala Bagian Tasrah Direktorat Topografi TNI AD, Suveyor Pemetaan Muda Badan Informasi Geospasial, Perancang Perundang-Undangan Ahli Muda Bagian Perundang-Undangan Ditjen Bina Adminstrasi Kewilayahan dan undangan lainnya. (adv)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved