Berita Kalsel Terkini

Terdakwa Penadah Sepeda Motor di Kalimantan Selatan Lepas dari Tuntutan, Perdana Berbuat Pidana

Kali ini ada dia terdakwa dalam kasus sebagai penadah  dari hasil tindakan pencurian sepeda motor di Kalimantan Selatan lepas dari tuntutan

Editor: Budi Susilo
HO/POLSEK BALIKPAPAN UTARA
ILUSTRASI Motor hasil curian yang disita oleh polisi sebagai barang bukti tindak pidana. Kali ini ada dia terdakwa dalam kasus sebagai penadah  dari hasil tindakan pencurian sepeda motor di Kalimantan Selatan lepas dari tuntutan. 

TRIBUNKALTIM.CO, BANJARMASIN - Kali ini ada dia terdakwa dalam kasus sebagai penadah  dari hasil tindakan pencurian sepeda motor di Kalimantan Selatan lepas dari tuntutan.

Terdakwa dalam melakukan pendahan sepeda motor itu baru pertama kali berbuat pidana tersebut. 

Dua perkara dugaan tindak pidana di wilayah hukum Kejati Kalsel diselesaikan di luar pengadilan melalui penerapan keadilan restoratif ( restorative justice).

Dua perkara yang dimaksud yaitu dugaan tindak pidana penadah seperti yang dimaksud pada Pasal 480 KUHP dengan terdakwa masing-masing Feri Iswanto dan Agrani Mangonsong.

Baca juga: Marak Aksi Pencurian di Bulan Ramadhan, Kapolres Paser Perketat Patroli dan Sediakan Pos Pengamanan

Baca juga: Proses Hukum Kasus Pencurian Sawit di Kampung Resak Kutai Barat Bikin Korban Mengaku Kecewa 

Baca juga: Pencurian Sepeda Motor di Jalan Sutta Balikpapan, Pelaku Manfaatkan Kelengahan Korban

"Penuntutan pada kedua perkara ini dihentikan setelah disetujui oleh Jampidum Kejagung," kata Kajati Kalsel, Mukri melalui Kasi Penkum, Romadu Novelino, Selasa (26/4/2022).

Pada perkara dengan terdakwa Feri Iswanto, diketahui, terdakwa telah membeli sepeda motor hasil curian jenis Yamaha Mio hitam milik korban Fatmawati warga Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalsel.

Feru mengakui membeli sepeda motor tersebut dari seseorang senilai Rp 800 ribu yang dibayar Rp 500 ribu dari uang pribadinya dan Rp 300 ribu dari uang pinjaman.

Ia ditangkap oleh Kepolisian di kediamannya di Desa Juru Banu Kecamatan Paju Epat, Kabupaten Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah, Sabtu (19/2/2022).

Baca juga: Pencurian di Kapal Asing tak Hanya Rugikan Korban, Polda Kaltim Beber Merusak Nama Baik Negara

Sepeda motor tersebut pun telah dijual kembali oleh Feri kepada terdakwa tadah lain yaitu Agrani Mangonsong yang juga penuntutannya dihentikan melalui restorative justice.

Agrani membeli sepeda motor tersebut dari Feri senilai Rp 1,5 juta berawal dari iklan di media sosial yang dipasang pada akun Facebook Feri Melodi.

Agrani diamankan Polisi di Desa Ruhing Raya, Kecamatan Gunung Bintang Awai, Kabupaten Barito Selatan, Provinsi Kalteng pada hari yang sama saat Feri diamankan.

Beruntung bagi kedua terdakwa perkara tindak pidana tadah ini, melalui mediasi yang difasilitasi Kejaksaan korban dapat memafkan perbuatan keduanya sehingga perdamaian tercapai.

Baca juga: Modus Pencurian di 10 TKP Samarinda, Para Pelaku Berbagi Peran

Telah adanya pengembalian harta benda milik korban sehingga tak ada kerugian yang muncul maka kedua perkara itu dapat diselesaikan di luar jalur persidangan.

Selain itu, kriteria lainnya untuk melaksanakan prosedur restorative justice juga terpenuhi, seperti kedua terdakwa baru pertamakali melakukan tindak pidana.

Selain itu, tindak pidana tersebut ancaman hukuman pidana penjaranya di bawah 5 tahun.

Semua perkara yang disetujui oleh Jampidum telah memenuhi syarat untuk dilakukan penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif.

Baca juga: VIRAL dan Trending di Twitter, Aksi Heroik Para Santri Gagalkan Pencurian Motor, Terekam CCTV

Hal ini sesuai peraturan Kejaksaan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2020 tentang Penghentian Penuntutan Berdasarkan Keadilan Restoratif, " kata Novel.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Dua Terdakwa Penadah Sepeda Motor di Kalsel Lepas dari Tuntutan, Diselesaikan di Luar Pengadilan

Sumber: Tribunnews
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved