Ramadhan

Kapan Lebaran Idul Fitri 2022? Simak Penjelasan & Ketentuan Pelakasanaan Idul Fitri Menurut Kemenag

Kapan lebaran Idul Fitri 2022? simak penjelasan juga ketentuan pelakasanaan Idul Fitri menurut Kemenag.

Editor: Ikbal Nurkarim
HO/ Panitia Sholat Idul Fitri
Ilustrasi, Suasana Sholat Idul Fitri 1442 Hijriyah/2021 Masehi di halaman parkir GOR Sempaja, Kota Samarinda, Kaltim, Kamis (13/5/2021). Kapan lebaran Idul Fitri 2022? simak penjelasan juga ketentuan pelakasanaan Idul Fitri menurut Kemenag. 

TRIBUNKALTIM.CO - Kapan lebaran Idul Fitri 2022? simak penjelasan juga ketentuan pelakasanaan Idul Fitri menurut Kemenag.

Umat Islam akan segera bertemu dengan lebaran Idul Fitri sebagai hari kemenangan setelah selama satu bulan penuh berpuasa di bulan Ramadan.

Lebaran Idul Fitri dirayakan setelah ditetapkannya tanggal 1 Syawal 1443 H atau ketinggian hilal di seluruh wilayah sudah di atas ufuk.

Baca juga: 4 Tips Olahraga Saat Puasa Ramadhan agar Tubuh Tetap Bugar

Baca juga: Efek Minum Yogurt Bagi Mereka yang Beribadah Puasa Ramadhan

Baca juga: Selama Ramadhan, Polres Bontang Sita 24 Kendaraan Milik Pebalap Liar, Tangani 5 Kasus Kecelakaan

Kapan lebaran Idul Fitri tahun 2022?

Sebelum menentukan Hari Raya Idul Fitri atau penetapan tanggal 1 Syawal 1443 H, Kementerian Agama Republik Indonesia akan menggelar sidang isbat terlebih dahulu.

Sidang Isbat akan digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) di Auditorium HM Rasjidi Kementeran Agama, dan akan diawali dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal yang disampaikan Tim Unifikasi Kalender Hijriyah Kemenag pada Minggu, 1 Mei 2022 petang.

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin menjelaskan, sidang isbat digelar untuk mempertimbangkan informasi awal berdasarkan hasil perhitungan secara astronomis (hisab) dan hasil konfirmasi lapangan melalui mekanisme pemantauan (rukyatul) hilal.

Mengutip dari Kemenag.go.id, secara hisab semua sistem sepakat bahwa ijtimak menjelang Syawal jatuh pada Ahad, 1 Mei 2022 M atau bertepatan dengan 29 Ramadan 1443 H.

“Pada hari rukyat, 29 Ramadan 1443 H, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia sudah di atas ufuk dan di atas kriteria baru MABIMS (Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Singapura) yaitu di atas 3 derajat," ucap Kamaruddin, Jakarta (18/4/2022).

Pihak Kemenag akan menggelar rukyatul hilal pada 99 titik di seluruh Indonesia.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved