Berita Samarinda Terkini

Raup Rp 10 M, Omset Pasar Ramadhan Samarinda Naik 3 Kali Lipat, Rusmadi: Kebangkitan Ekonomi UMKM

Omset Pasar Wisata Belanja Ramadhan di Samarinda meraup Rp 10 miliar hingga hari terakhir penutupan, Rabu (27/4/2022). Besaran omset tersebut naik ti

Penulis: Hanifan Ma'ruf | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/HANIVAN MA'RUF
Pasar Wisata Belanja Ramadhan 1443 Hijriah di halaman GOR Segiri Samarinda menghasilkan total omset Rp 10 miliar selama tiga minggu dibuka. TRIBUNKALTIM.CO/HANIVAN MA'RUF 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Omset Pasar Wisata Belanja Ramadhan di Samarinda meraup Rp 10 miliar hingga hari terakhir penutupan, Rabu (27/4/2022).

Besaran omset tersebut naik tiga kali lipat dibandingkan 2 tahun berturut-turut sebelumnya.

Pedagang pasar wisata belanja Ramadan 1443 Hijriah yang digelar di halaman GOR Segiri Kota Samarinda panen keuntungan selama tiga pekan beroperasi.

Dilaporkan Pasar Wisata Belanja Ramadan tahun ini menghasilkan total omset mencapai Rp 10 miliar dari 167 tenant yang ada di tempat itu, dengan keuntungan rata-rata Rp 59 juta setiap tenantnya.

Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi mengapresiasi kinerja panitia dan seluruh tenant yang terlibat dalam Pasar Wisata Belanja Ramadan tersebut.

Baca juga: Pasar Murah Pakai Sistem Kupon di Melak Kubar Dikeluhkan Warga karena Banyak yang Tak Kebagian

Menurutnya, hal ini merupakan tanda kebangkitan ekonomi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pascapandemi Covid-19 yang terjadi dalam dua tahun terakhir.

"Saya sangat apresiasi kinerja panitia, terlihat dari omset di bulan Ramadan tahun lalu yang semula Rp 2 sampai 3 miliar, tahun ini bisa mencapai Rp 10 miliar," cetus Rusmadi melalui keterangan tertulis, Kamis (28/4/2022).

Jumlah pendapatan itu dinilai meningkat tiga kali lipat dibanding Pasar Ramadan tahun-tahun sebelumnya.

Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata kota Samarinda juga mencatatkan sebanyak 50 persen transaksi di pasar Ramadan itu dilakukan dengan sistem nontunai melalui QRIS.

"Oleh karena itu di hari penutupan, Pemkot Samarinda memberikan apresiasi dan penghargaan kepada tenant yang melakukan transaksi digital terbanyak," ujar wawali menambahkan.

Baca juga: Disdagkop Kutai Barat Kembali Gelar Pasar Murah di Kecamatan Melak 

Selama tiga minggu dibuka sejak 7 April 2022, Pasar Wisata Belanja Ramadhan 1443 Hijriah di GOR Segiri tidak hanya menjajakkan jajanan dan makanan takjil khas bulan suci Ramadhan.

Beberapa aktivitas dan perlombaan juga digelar untuk meramaikan suasana pasar Ramadhan tersebut, seperti live musik, lomba kaligrafi, lomba Dai dan Azan, serta bagarakan sahur.

Tenant pada Pasar Wisata Belanja Ramadhan itu tak hanya diisi oleh penjual makanan atau kuliner namun juga terdapat stan pakaian, aksesoris hingga kosmetik.

Pasar Ramadhan itu telah ditutup pada hari ke-25 Ramadan, Rabu sore (28/4/2022) oleh Wakil Walikota Samarinda, Rusmadi yang disertai pembagian hadiah kepada para pemenang lomba dan tenant yang mendapatkan penghargaan. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved