Ramadhan

Hilal 1 Syawal 1443 H, Kemenag Balikpapan Akan Gelar Pemantauan di BIC

Kementerian Agama (Kemenag) menyebut akan menggelar sidang isbat atau penetapan 1 Syawal 1443 Hijriah, Minggu 1 Mei 2022 mendatang.

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Kepala Kantor Kemenag Kota Balikpapan, Johan Marpaung. TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Kementerian Agama (Kemenag) menyebut akan menggelar sidang isbat atau penetapan 1 Syawal 1443 Hijriah, Minggu 1 Mei 2022 mendatang.

Pemantauan hilal atau rukyatul hilal sebagai acuan untuk menggelar sidang isbat penentuan satu syawal juga akan digelar Kemenag Kota Balikpapan.

Kepada TribunKaltim.co, Kepala Kantor Kemenag Kota Balikpapan, Johan Marpaung mengatakan pemantauan tersebut akan dilakukan di Balikpapan Islamic Center (BIC).

Waktu pemantauan yakni dimulai pukul 17.30 Wita, bersama dengan beberapa pihak terkait seperti Pengadilan Agama dan pihak Pemerintah Kota Balikpapan.

"Pemantauan hilal dengan Kasi Binmas, Majelis ulama, Pengadilan Agama dan Pemkot. Besok sekitar jam 17.00 Wita berangkat," jelasnya, Sabtu (30/4/2022)

Baca juga: Hilal Lebaran 2022, Posisi Bulan 1 Mei 2022, Idul Fitri 1443 H Pemerintah & Muhammadiyah Bersamaan?

Baca juga: Kemenag Sebut Posisi Hilal Saat Sidang Isbat 1 Syawal Sudah Bisa Terlihat

Baca juga: POPULER Samarinda: Hilal tak Terlihat | Pasar Ramadhan Usung Konsep Berbeda

Johan menambahkan, tahun-tahun sebelumnya selalu diadakan pemantauan hilal, hanya saja hilal sempat tak terlihat pada tahun lalu.

Sebab kondisi cuaca tidak mendukung, terjadi hujan dan langit tertutup awan tebal, sehingga pihaknya sulit untuk melihat adanya hilal.

"Kenyataannya untuk beberapa tahun ini di Balikpapan hilal memang tidak nampak karena cuaca," pungkasnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel. 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved