Idul Fitri

Solusi Para Pemudik di Berau yang Miliki Binatang Peliharaan, Ramai Titip ke Hotel Hewan

tempat penitipan hewan menjadi solusi bagi owner atau pemilik hewan yang sedang pulang ke kampung halamannya. Terlebih, seperti sekarang ini

TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI
Kucing yang dititipkan oleh majikannya selama mudik lebaran di Pet Shop.  TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Tempat penitipan hewan menjadi solusi bagi owner atau pemilik hewan yang sedang pulang ke kampung halamannya. Terlebih, seperti sekarang ini, tempat penitipan hewan seperti kucing rata-rata sudah full di-booking oleh mereka yang ingin menitipkan hewan peliharaannya.

Pemilik usaha Pet Shop di jalan Teungku Umar, Melianda menuturkan, sebenarnya penitipan kucing ini tidak hanya ramai pada saat hari Lebaran saja. Di hari-hari biasa pun ramai.

Lantaran biasanya, salah satu faktor mereka menitipkan biasanya karena ada kunjungan kerja atau sambang ke sanak saudara yang ada di luar kota.

“Karena hewan peliharaannya tidak mungkin dibawa, biasanya mereka titipkan ke kami, apalagi yang mudik dengan pesawat,” terangnya kepada Tribunkaltim.co, Kamis (5/5/2022).

Menurutnya, penitipan hewan adalah solusi bagi mereka yang ingin merawat hewan peliharaannya, namun terkendala oleh kesibukan. Sebab, tidak semua orang bisa merawat kucing dengan baik.

Baca juga: Pemkot Berencana Kembangkan Rumah Potong Hewan Modern di Samarinda

Baca juga: Kini Sangat Terancam Punah, Inilah Hewan Terbesar di Dunia yang Suaranya Bisa Kalahkan Mesin Jet

“Pada lebaran kali ini banyak yang bertanya, tapi tidak banyak yang saya terima, karena yang mengurus juga mudik, jadi hanya maksimal 6 saja,” bebernya.

Dia menjelaskan, tempat penitipan hewan standar saja. “Meskipun standar, namun tidak akan mengecewakan si owner,” tegasnya.

Kemudian, untuk tarif penitipan per 1×24 jam hanya dikenai biaya Rp 20 ribu, tetapi harus membawa pasir dan persediaan makanan sendiri.

Sementara untuk tarif Rp 40 ribu, sudah dilengkapi dengan pasir dan makan kucing.

“Sebenarnya lebih bagus makanannya kami mensyaratkan harus dibawa sendiri oleh owner, karena setiap kucing itu makanannya berbeda,” tegasnya.

Dia melanjutkan, khusus untuk penitipan tidak memiliki minimal hari. Dan bisa menambah fasilitas lainnya yaitu check up.

Baca juga: Mengenal Balikpapan Dog Lovers, Rajin Edukasi soal Kesehatan Hewan Peliharaan

Hal ini dilakukan rutin setiap harinya untuk mengontrol kesehatan kucing, kemudian di-update ke pemilik hewan.

“Kucing itu cara mengontrol kesehatannya dengan melihat tekstur dan warna kotorannya,” jelasnya.

Untuk rata-rata penitipannya bisa sampai 1 minggu hingga 1 bulan. paling lama 2–3 bulan penitipan. Sedangkan untuk jumlah kandang yang tersedia di tempat tersebut 10 kandang.

Dia mengungkapkan, untuk Lebaran ini, hewan yang hendak dititipkan harus sudah divaksin. Dia menuturkan, saat ini kandangnya sudah mulai penuh.

“Biasanya H-3 hari sebelum Lebaran itu sudah banyak yang kami tolak,” pungkasnya. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved