Otomotif

Biar Enggak Cepat Gerah, Pengendara Motor Perlu Pakai Jaket Jenis Ini saat Cuaca Panas

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan rata-rata wilayah di Indonesia sudah memasuki musim kemarau sejak April 2022 kemarin.

Editor: Diah Anggraeni
Piaggio Indonesia
Salah satu perlengkapan berkendara yang perlu diperhatikan ketika naik motor saat cuaca panas adalah jaket. 

TRIBUNKALTIM.CO - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan rata-rata wilayah di Indonesia sudah memasuki musim kemarau sejak April 2022 kemarin.

Bahkan, suhu maksimum terukur berkisar antara 33 hingga 36,1 derajat celsius selama periode 1 hingga 7 Mei 2022.

Untuk itu, pengendara motor perlu memakai jaket saat cuaca panas.

Pemilihan jaket pun penting tidak hanya sebagai salah satu perlengkapan berkendara, namun juga agar tubuh tidak gampang gerah dan dehidrasi saat di perjalanan.

Baca juga: Segera Kuras Tangki Motor Bekas setelah Dibeli, Inilah Manfaatnya

Menurut Helmet and Apparel Specialist DeRide, Irwan Bachroem, pemilihan jaket motor tentu tidak boleh sembarangan.

Selain memperhatikan faktor safety, jaket juga harus nyaman ketika digunakan untuk berkendara naik motor, terlebih saat musim panas seperti sekarang.

"Berkendara di musim panas sebaiknya pilih jaket yang ada ventilasinya alias bahan mesh atau jaring," kata Irwan kepada GridOto.com, Rabu (11/5/2022).

Dengan begitu, berkendara tetap nyaman karena suhu panas pada tubuh bisa keluar berkat adanya sirkulasi udara pada jaket.

Selain memiliki bahan yang adem saat dipakai riding, tentu jaket motor harus mampu melindungi penggunanya apabila terjadi kecelakaan.

"Sebaiknya untuk bagian luar jaket pilih yang berbahan polyester. Bahan ini kuat dan mampu menahan abrasi saat terjadi crash," paparnya.

Baca juga: Tips Perawatan Sepeda Motor Pasca Perjalanan Libur Lebaran ala Yamaha

Kemudian jangan lupa menggunakan jaket yang sudah dilengkapi protector, minimal pada bagian siku dan bahu.

"Jaket seperti ini sudah sangat banyak dijual di pasaran, seperti brand Alpinestars dan Komine yang bisa dijumpai di toko DeRide," pungkasnya.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Naik Motor Saat Cuaca Panas, Pakai Jaket Jenis Ini Biar Enggak Cepat Gerah, https://www.gridoto.com/read/223276534/naik-motor-saat-cuaca-panas-pakai-jaket-jenis-ini-biar-enggak-cepat-gerah?page=all.

 

Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved