PLN Aktif Sosialisasikan Komitmen Anti Gratifikasi, Bersama Jaga Kepercayaan Publik

Pada Rabu (27/4/2022) lalu, PLN mengajak jajaran stakeholders yang terdiri dari media, asosiasi, mitra kerja, hingga pelanggan untuk menyosialisasikan

Editor: Diah Anggraeni
HO/PLN
PLN mengajak jajaran stakeholders yang terdiri dari media, asosiasi, mitra kerja, hingga pelanggan untuk menyosialisasikan Sistem Manajemen Anti Penyuapan SNI ISO 37001:2016, Rabu (27/4/2022) lalu. 

TRIBUNKALTIM.CO - PLN terus berkomitmen untuk menjunjung tinggi nilai integritas.

Hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan tindak pelanggaran hukum yang mempengaruhi kinerja perusahaan seperti suap, gratifikasi, dan tindak penyelewengan lainnya.

Pada Rabu (27/4/2022) lalu, PLN mengajak jajaran stakeholders yang terdiri dari media, asosiasi, mitra kerja, hingga pelanggan untuk menyosialisasikan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) SNI ISO 37001:2016.

Baca juga: PLN Raih Penghargaan Mitra BUMN Champion 2022 dari Erick Thohir

Dijelaskan oleh Saleh Siswanto selaku General Manager PLN UIW Kaltimra bahwa dalam SMAP, PLN menerapkan prinsip 4 NO’s.

"4 NO’s yang diterapkan PLN meliputi No Bribery, No Kickback, No Gift, dan No Luxurious Hospitality. Komitmen ini berlaku bagi pegawai, vendor, dan seluruh mitra kerja yang terlibat di lingkungan PLN," kata Saleh

Keempat prinsip 4 NO’s seperti yang dijelaskan Saleh meliputi NO BRIBERY yaitu tidak boleh ada penyuapan, NO KICKBACK yaitu tidak boleh ada komisi, NO GIFT yaitu tidak boleh ada hadiah/gratifikasi) dan NO LUXURIOUS HOSPITALITY yaitu tidak boleh ada jamuan yang berlebih.

"Prinsip ini terus kami sosialisasikan baik ke internal PLN maupun eksternal untuk mewujudkan Good Corporate Governance yang baik, sehingga bisa meningkatkan kepercayaan stakeholders, pelanggan dan investor kepada PLN," lanjutnya.

Baca juga: PLN Kaltimra Sebut Pemakaian Listrik Saat Libur Lebaran Idul Fitri Akan Menurun

Untuk mengantisipasi hal tersebut, PLN selalu mengigatkan pegawai dan mitra kerja untuk aktif melaporkan indikasi penyelewengan melalui portal whistleblowing sistem yang dikelola oleh PLN.

"Jangan ragu untuk melaporkan penyelewengan integritas, karena PLN akan melindungi kerahasiaan identitas pelapor. Baik pegawai internal PLN maupun pihak eksternal dapat mengajukan laporan melalui whistleblowing sistem," tambah dia.

Whistleblowing sistem dapat diakses melalui email wbpln@pln.co.id, Whatsapp 08119861901, atau dapat melayangkan surat kepada Executive Vice President Kepatuhan PLN Kantor Pusat Jl Trunojoyo Blok M-1 no 135, Kebayoran Baru, Jakarta. (*)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved