Ibu Kota Negara

Kendaraan Tanpa Awak Bakal Jadi Tulang Punggung Transportasi IKN, Kepala Otorita: Fitur Terpenting

Kendaraan tanpa awak atau kendaraan otonom ( autonomous vehicle ) bakal jadi tulang punggung transportasi publik di IKN Nusantara. Seperti apa?

Dok Sinarmas Land
Peresmian uji coba kendaraan listrik tanpa awak oleh Sinarmas Land yang juga dihadiri Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono. Kendaraan tanpa awak atau kendaraan otonom ( autonomous vehicle ) bakal jadi tulang punggung transportasi publik di IKN Nusantara. Seperti apa? 

TRIBUNKALTIM.CO - Untuk transportasi publik di Ibu Kota Nusantara ( IKN ), nantinya kendaraan otonom atau autonomous vehicle atau kendaraan tanpa awal bakal jadi tulang punggung.

Kehadiran kendaraan tanpa awak atau kendaraan otonom ini merupakan bagian penting dari sistem transportasi cerdas yang akan dibangun Pemerintah di IKN Nusantara.

Pernyataan ini disampaikan Kepala Otorita IKN Nusantara, Bambang Susantono saat menghadiri peresmian uji kendaraan otonom pertama di Indonesia.

Peresmian uji kendaraan otonom pertama di Indonesia ini digelar Jumat 20 Mei 2022 di Q-Big BSD City.

Dalam peresmian uji coba kendaraan tanpa awak atau kendaraan otonom tersebut, Bambang Susantono autonomous vehicle merupakan bagian penting dari sistem transportasi cerdas.

Sistem transportasi cerdas ini menawarkan mobilitas sebagai layanan kepada warga.

Kepala Otorita IKN Nusantara, Bambang Susantono mengatakan, “Kami ingin memiliki rute sesuai permintaan dan dinamis dari mobil tanpa awak kami daripada sistem bus yang terjadwal dengan rute tetap.” 

Menurut Bambang Susantono, kehadiran kendaraan otonom mempunyai sejumlah tujuan.

Baca juga: IKN Mengusung Konsep Forest City, tapi Tutupan Lahan Hutan Hijau Masih 42 Persen, Langkah KLHK

Tujuan kendaraan tanpa awak meliputi:

- untuk menciptakan mobilitas perkotaan yang lebih aman dan efisien,

- menghilangkan kemacetan dan emisi gas rumah kaca, serta

- menyediakan mobilitas bagi penyandang disabilitas dan kebutuhan khusus.

Untuk saat ini, menurut Bambang Susantono, Otorita IKN Nusantara tengah mengembangkan masterplan kota pintar Nusantara yang mencerminkan teknologi mutakhir, dengan fokus pada inovasi dan menciptakan ekosistem yang akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dikutip TribunKaltim.co dari kontan.co.id, Intelligent Transport System (ITS) adalah salah satu fitur terpenting di kota pintar.

Halaman
123
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved