Otomotif

Segera Cek Oli setelah Motor Dipakai Touring, Inilah Alasannya

Hal berikut ini harus jadi perhatian buat Anda yang kemarin mudik atau touring jarak jauh pada libur Lebaran menggunakan motor.

Editor: Diah Anggraeni
GridOto.com/Rudy Hansend
Segera ganti atau tambahkan oli mesin jika volumenya berkurang. 

TRIBUNKALTIM.CO - Hal berikut ini harus jadi perhatian buat Anda yang kemarin mudik atau touring jarak jauh pada libur Lebaran menggunakan motor.

Segera lakukan pengecekan oli setelah motor dipakai touring jarak jauh karena ini sangat penting.

Baca juga: Perlukah Ganti Oli Mesin Motor usai Pulang Perjalanan Jauh? Simak Penjelasan dari Ahlinya Berikut

Kepala Bengkel Main Dealer Honda Wahana Makmur Sejati, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Timbul Suwardi mengatakan, kondisi oli mesin rentan mengalami perubahan setelah digunakan touring jarak jauh.

"Terutama cek pada kapasitas atau volume oli mesinnya. Itu sangat mungkin mengalami banyak penyusutan," yakin Timbul sapaan akrabnya.

Penyusutan volume oli mesin dalam jumlah banyak bisa membuat pelumasan pada komponen mesin motor menjadi tidak maksimal.

Jika dibiarkan akan terjadi keausan pada komponen mesin yang butuh banyak biaya untuk perbaikan.

"Makanya, setelah lakukan turing atau perjalanan jauh sebaiknya cek volume oli mesin. Pastikan masih ada pada batas aman," ujarnya.

Baca juga: Jangan Disemprot Angin Bertekanan saat Ganti Oli Mesin Mobil, Ternyata Ini Alasannya

Timbul menuturkan, ada beberapa hal yang menyebabkan volume oli mesin bisa berkurang lebih banyak ketika motor dipakai touring jarak jauh.

"Saat turing itu kan motor menempuh jarak yang lebih panjang dalam satu waktu penggunaan. Itu yang membuat penguapan pada oli mesin lebih mudah terjadi," tambahnya.

Selain itu pada saat liburan, kondisi jalan juga cenderung lebih padat dan macet yang bikin suhu mesin tinggi dan bikin penguapan juga jadi lebih cepat.

"Sebenarnya penyusutan volume oli mesin setelah motor digunakan jarak jauh itu hal yang normal. Tinggal dicek saja dan lakukan penggantian atau penambahan setelah touring selesai," tutup Timbul.

Baca juga: Berbahayakah Sering Gonta-ganti Merek Oli Mesin? Yuk, Simak Penjelasannya Berikut

Makanya, jika kalian selesai menggunakan motor pada touring jarak jauh sebaiknya langsung cek volume oli mesin kalian.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Jangan Dicuekin, Ini Pentingnya Cek Oli Setelah Motor Dipakai Turing, https://www.gridoto.com/read/223289327/jangan-dicuekin-ini-pentingnya-cek-oli-setelah-motor-dipakai-turing?page=all.

 

Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved