Renungan Kenaikan Isa Almasih

Berkat Allah Itu Bersyarat

Pemberian Allah berupa kekuatan, kuasa, dan pertolongan, pekerjaan Allah di dalam dan melalui kita untuk menghasilkan kebaikan.

HO/Dok Pribadi
Pdt Dr MF Gabriel SH MTh,  Ketua Umum Badan Kerjasama Gereja-gereja Balikpapan (BKSGB). 

Oleh: Pdt Dr MF Gabriel SH MTh

Ketua Umum BKSG Balikpapan

KENAIKAN Tuhan Yesus memberikan janji bahwa Ia akan datang kembali menjemput kita yang percaya kepada-Nya. Lukas 24: 50-53; Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita. Mereka senantiasa berada di dalam Bait Allah dan memuliakan Allah.

Dari ayat ini, kita menyoroti bagaimana Ia sedang memberkati mereka "Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga". Ayat 50; Ia…memberkati mereka.

Berkat Allah atas kehidupan para pengikut-Nya perlu sekali. Alkitab mengajarkan beberapa hal mengenai berkat Allah;
1. Kata "berkat" (Yunani. Eulogia) berarti; Suatu karunia Ilahi yang menyebabkan pekerjaan kita berhasil, kehadiran Allah bersama kita (Kejadian 26:3), pemberian Allah berupa kekuatan, kuasa, dan pertolongan, pekerjaan Allah di dalam dan melalui kita untuk menghasilkan kebaikan.

2. Di dalam Perjanjian lama, kata-kata yang berkaitan dengan "berkat" terdapat lebih dari 400 kata. Hal pertama yang Allah lakukan dalam hubungannya dengan umat manusia adalah memberkati mereka (Kejadian 1:28). Allah juga memelihara pekerjaan-Nya dengan memberkatinya (Yeh 34:26). Kehidupan dan sejarah umat Allah berada di bawah pemberlakuan berkat dan kutuk. (Ulangan 11:26, dst).

3. Di dalam perjanjian baru, seluruh pekerjaan Kristus dapat disimpulkan dengan pernyataan bahwa Allah telah "mengutus-Nya kepada kamu, supaya Ia memberkati kamu". (Kis 3:26). Kita melihat berkat-Nya diberikan kepada anak-anak dan kepada para pengikut-Nya sementara Ia diangkat dari bumi. Demikian juga berkat telah memainkan peranan yang penting dalam pelayanan para Rasul (Rom 15:29).

4. Berkat Allah itu bersyarat. Umat Allah harus memilih berkat karena ketaatan atau kutuk karena ketidaktaatan.

5. Bagaimanakah kita menerima berkat Tuhan? Ada tiga hal yang dituntut;
a. Kita harus senantiasa mengharapkan dari Yesus berkat-Nya atas pelayanan, pekerjaan, dan keluarga kita
b. Kita harus percaya, mengasihi, daan taat kepada-Nya
c. "Berkat" Allah tidak boleh disamakan dengan keuntungan materil perorangan atau ketiadaan penderitaan dalam kehidupan kita.

Amanat Agung Kristus kepada semua pengikut-Nya ialah terdapat dalam Matius 28: 19-20.
Gereja harus pergi ke seluruh dunia untuk memberitakan Injil keselamatan, orang yang percaya harus meninggalkan sistem dunia yang jahat ini, mereka yang percaya kepada Kristus dan Injil-Nya harus dibaptis, dan mereka menjadi saksi Kristus.
Badan Kerjasama Gereja-gereja Balikpapan (BKSGB) mengucapkan selamat merayakan Kenaikan Tuhan Yesus Kristus. ***

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved