Otomotif

Masih Sering Ditemukan, Perlukah Pengendara Motor Melambaikan Tangan ketika Hendak Berbelok?

Setiap kendaraan memiliki lampu sein guna meminimalisasi risiko kecelakaan. Lampu sein ini berfungsi sebagai alat komunikasi dengan pengendara lain

Editor: Diah Anggraeni
kompas.com/Dok. Pemkot Surabaya
Masih sering ditemukan pengendara motor yang menggunakan isyarat tangan atau kaki untuk memberi tahu pengendara lain saat ingin berbelok. Lantas, apakah perilaku berkendara seperti itu perlu dilakukan? 

TRIBUNKALTIM.CO - Setiap kendaraan memiliki lampu sein guna meminimalisasi risiko kecelakaan.

Lampu sein ini berfungsi sebagai alat komunikasi dengan pengendara lain ketika hendak berbelok.

Kendati demikian, masih sering ditemukan pengendara motor yang menggunakan isyarat tangan atau kaki untuk memberi tahu pengendara lain saat ingin berbelok.

Lantas, apakah perilaku berkendara seperti itu perlu dilakukan, mengingat sudah ada lampu sein yang berfungsi sebagai alat komunikasi?

Baca juga: Apakah Perlu Nyalakan Lampu Sein saat Papasan dengan Mobil Lain di Jalan Sempit? Simak Penjelasannya

Instruktur Defensive Driving Global Defensive Driving Consulting (GDDC), Andry Berlianto mengatakan, penggunaan isyarat tangan atau kaki ketika hendak berbelok sebenarnya tidak perlu dilakukan.

"Karena dari sisi keselamatan, tangan harus tetap menggenggam setang, dan kaki harus tetap berada di foot step, entah menginjak rem atau menekan tuas kopling," kata Andry kepada GridOto.com belum lama ini.

Sementara itu hal senada juga diungkapkan oleh Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia(SDCI).

Menurutnya, pengendara yang mengubah arah atau berbelok menggunakan anggota tubuh, termasuk ketegori pengendara yang agresif.

"Motor kan sudah dilengkapi lampu sein ketika hendak mengubah arah, gunakan sesuai dengan peruntukannya, lampu sein sudah lebih dari cukup untuk berkomunikasi," beber Sony.

Baca juga: Komponen Vital untuk Keselamatan Berkendara, Inilah Waktu yang Ideal Menghidupkan Lampu Sein

Oleh karena itu, anggota tubuh tidak boleh keluar dari lebar setang motor untuk mengatur arah, serta untuk menjaga keseimbangan motor.

"Kaki wajib ada di dek bawah untuk menjaga center of gravity motor, sehingga tidak mudah oleng," pungkas Sony.

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini telah tayang di GridOto.com dengan judul Perlukah Melambaikan Tangan Ketika Hendak Berbelok Saat Naik Motor?, https://www.gridoto.com/read/223299370/perlukah-melambaikan-tangan-ketika-hendak-berbelok-saat-naik-motor?page=all.

Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved