Penghargaan dari Kemendagri sebagai Bukti PAD Kaltim Meningkat

Terpilihnya Provinsi Kalimantan Timur meraih peringkat kedua provinsi dengan realisasi pendapatan daerah tertinggi di Indonesia,

HO/TRIBUNKALTIM.CO
Gubernur Kaltim Isran Noor bertemu Mendagri Tito Karnavian usai penyerahan penghargaan di Jakarta, Kamis (2/6/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Terpilihnya Provinsi Kalimantan Timur meraih peringkat kedua provinsi dengan realisasi pendapatan daerah tertinggi di Indonesia, tentu salah satunya karena adanya peningkatan Penerimaan Asli Daerah (PAD).

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kaltim, Ismiati mengungkapkan menjelaskan bahwa target PAD Kaltim pada tahun 2021 sebesar Rp 5,3 triliun dan realisasinya mencapai Rp 5,9 triliun.

"Peningkatan realisasi pendapatan daerah kita didukung kontribusi besar PAD. Dari target Rp 5,3 triliun, realisasi Rp 5,9 triliun. PAD kita 60 persen memberi kontribusi untuk realisasi pendapatan daerah secara umum," terangnya, Kamis (2/6/2022).

Ismiati menilai diberikannya penghargaan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia tentu jadi bukti bahwa ada peningkatan sektor PAD.

Pendapatan daerah Kaltim tahun 2021 saja yang ditargetkan sebesar Rp 9,58 triliun bisa terealisasi hingga lebih 100 persen.

Baca juga: Provinsi Kaltim Peringkat Kedua Nasional Terkait Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi

"Realisasi pendapatan sukses mencapai Rp 10,22 triliun atau sebesar 106,57 persen lampaui target," tegasnya.

Apresiasi dari Kemendagri tersebut tentu memotivasi pihaknya agar meningkatkan pendapatan daerah di tahun-tahun berikutnya. 

Termasuk salah satu upayanya dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam pembayaran pajak.

"Dari sisi pendapatan daerah tentu kami akan berusaha lebih optimal lagi. Terutama memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk membayar kewajiban pajak mereka," tuturnya..

Sementara itu, target PAD Kaltim padah tahu 2022 sebesar Rp 5,4 triliun. 

Baca juga: Gubernur Kaltim Hadiri Undangan Kemendagri Rakernas Keuangan se-Indonesia

Target tersebut juga dikatakannya harus dicapai dengan tingkat realisasi yang terus meningkat.

"Penghargaan ini menjadi motivasi dan tentu untuk bekerja lebih bagus lagi, baik dari sisi optimalisasi pendapatan maupun belanja daerahnya," terang Ismiati. (Mohammad Fairoussaniy/ADV/Kominfo Kaltim)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved