Pemprov Kaltim Dorong OPD untuk Penanganan Anak Jalanan dan Gelandangan Pengemis

Pemprov Kaltim tengah bersiap agar maksimal menangani anak jalanan (Anjal), gelandangan dan pengemis (Gepeng) melalui peningkatan anggaran serta peran

TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY
Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kaltim, Riza Indra Riadi. TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD FAIROUSSANIY 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pemprov Kaltim tengah bersiap agar maksimal menangani anak jalanan (Anjal), gelandangan dan pengemis (Gepeng) melalui peningkatan anggaran serta peran dana tanggung jawab sosial perusahaan atau CSR.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim, Riza Indra Riadi menyampaikan, pemerintah terus berupaya mendorong organisasi perangkat daerah (OPD) meningkatkan anggaran program penanganan Anjal dan Gepeng.

"Pendataan dan pembinaan terhadap anjal dan gepeng, mengalokasikan anggaran, mendukung peran CSR untuk membantu dan penyediaan biaya pendidikan bagi anjal terus dibahas," terang Riza Indra Riadi, Senin (6/6/2022).

Pemprov Kaltim juga menyusun regulasi agar masyarakat bisa turut serta untuk bisa andil terhadap Anjal dan Gepeng agar dapat dibina melalui pendidikan rumah singgah.

"Peningkatan kerja sama keluarga, masyarakat dan pemerintah, penghargaan terhadap prestasi, pembuatan payung hukum yang mengatur hak serta kewajibannya dan menyusun sistem pembelajaran pendidikan, pemberian skill yang efektif untuk anjal lewat pendidikan rumah singgah," terangnya.

Baca juga: Jumlah Anak Jalanan Meningkat Saat Pandemi, Balikpapan Dinilai Butuh Rumah Singgah

Baca juga: NEWS VIDEO Banjir Pujian, Anak Kecil di Balik Mobil Berikan Mainan kepada Anak Jalanan

Baca juga: Jelang Ramadhan, Satpol PP Kota Balikpapan Akan Razia Gepeng dan Anak Jalanan

Lebih jauh, Riza Indra Riadi mengharapkan ada terjalin komitmen bersama untuk mengatasi persoalan Anjal dan Gepeng di Kaltim.

"Saya harap melalui rapat koordinasi monitoring dan evaluasi pembinaan eks penyandang penyakit sosial beberapa waktu lalu terhadap anak jalanan, gelandangan dan pengemis di Provinsi Kaltim bisa membawa hasil positif terhadap permasalahan kesejahteraan sosial di daerah kita," tuturnya. (Mohammad Fairoussaniy/ADV/Kominfo Kaltim)

Join Grup Telegram Tribun Kaltim untuk mendapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari. Caranya klik link https://t.me/tribunkaltimcoupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved